NASIONAL

Selasa, 10 Oktober 2017 | 20:11 WIB

FPKS Nilai RI Miliki Peran Penting di Asia Pasific

FPKS Nilai RI Miliki Peran Penting di Asia Pasific
Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini mengatakan Indonesia sebagai negara besar di kawasan Asia Pasific punya peran posisi penting untuk ambil bagian dalam upaya menjaga stabilitas kawasan serta mengambil peluang benefit untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

"Positioning ini penting karena kita telah memasuki era globalisasi yang semakin dalam, apapun perkembangan di kawasan bisa berdampak pada kondisi dalam negeri Indonesia. Apalagi negara-negara besar seperti AS dan China sedang bermain pengaruh di kawasan ini," kata Jazuli, Selasa (10/10/2017).

Anggota Komisi I DPR ini menjelaskan Indonesia yang sedang giat membangun membutuhkan kerjasama dan kemitraan strategis dengan negara-negara di kawasan, sehingga harus benar-benar menghitung posisi dan peran di kawasan ini.


"Jangan sampai sekadar menjadi penonton tapi harus menjadi aktor penting/dominan," ujarnya.

Menurut dia, potensi kekuatan atau pertumbuhan tersebut yang perlu diwaspadai dari dinamika kawasan adalah eskalasi konflik di dalamnya mulai dari konflik perbatasan, kepemilikan pulau, laut cina selatan, kelompok sparatis, termasuk pemusnahan etnis di Rohingya.

"Kondisi tersebut memerlukan kajian mendalam untuk menelaahnya baik untuk kepentingan stabilitas kawasan maupun untuk kepentingan analisis geopolitik dan geostrategi negara-negara besar di kawasan Asia-Pasifik sehingga Indonesia bisa mengambil posisi dan peran yang tepat," tandasnya. [ton]
#JazuliJuwaini
BERITA TERKAIT
Sidang Parlemen Dunia Sepakat Bahas Isu Rohingya
Efektifitas Mesin Politik Pekerjaan Rumah Gus Ipul
Basis Kultural Gus Ipul-Anas Terkuat di Jawa Timur
Anas Dinilai Dongkrak Elektabilitas Gus Ipul
Pilgub Jatim Panggung Gus Ipul dan Khofifah
Nasdem Serahkan Soal Wakil ke Khofifah
Gunung Agung Awas, Warga Karangasem Pergi

ke atas