TEKNOLOGI

Kamis, 12 Oktober 2017 | 13:13 WIB

'Bug' WhatsApp Bisa Ketahui Pola Chat Pengguna

Ibnu Naufal
'Bug' WhatsApp Bisa Ketahui Pola Chat Pengguna
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, San Francisco - Meski disebut WhatsApp bahwa seluruh penggunannya yang berjumlah 1 miliar dilindungi dari kejahatan siber yang memata-matai aplikasi pengguna berkat enkripsi end-to-end miliknya.

Namun, seorang insinyur perangkat lunak bernama Robert Heaton telah menemukan celah berbahaya (bug) yang memungkinkan orang luar mengetahui ketika dua pengguna WhatsApp paling mungkin saling mengirim pesan, dan saat mereka tidur.

Menggunakan status online WhatsApp dan fitur yang terakhir terlihat memungkinkan seseorang menganalisis angka dan mendapatkan ide bagus tentang pola tidur pengguna.

Setelan yang terakhir terlihat memungkinkan setiap orang untuk memiliki akses ke data, membatasi mereka untuk dilihat hanya oleh kontak, atau membiarkannya disembunyikan ke semua orang.


Secara default, informasi ini tersedia bagi siapa saja untuk dilihat. Informasi status online tidak dapat disembunyikan atau dibatasi dengan cara apapun.

Heaton mengungkapkan bagaimana informasi ini bisa digunakan. Pertama, dia akan membuat ekstensi Chrome yang memungkinkannya untuk memantau kapan kontaknya online, menggunakan aplikasi web WhatsApp. Dibutuhkan hanya empat baris Javascript untuk melakukan ini.

Dengan mengambil informasi itu dan membandingkannya dengan aktivitas kontak lain, Heaton bisa mengetahui kapan dan kapan dua kontaknya saling berkomunikasi. Kerentanan yang sama bisa dimanfaatkan di Facebook.

Mengetahui pola tidur pengguna aplikasi pesan adalah jenis informasi yang akan dikreditkan oleh pengiklan online, sehingga kerentanan ini secara teori membantu usaha bagi individu yang memanfaatkannya.
#WhatsApp
BERITA TERKAIT
WhatsApp Akan Tambah Fitur untuk Admin Grup
Produksi Porsche Hybrid Terhambat Pasokan Baterai
(Serahkan 40 Unit Rekondisi di Jakarta) ADM Tuntaskan Program 'Daihatsu Setia'
Google Tutup Project Tango per Maret 2018
Ponsel Pertama dengan Sensor Sidik Jari di Layar
Paris Janjikan Larangan Hewan Liar di Sirkus
(Data GAIKINDO November 2017) Penjualan Xpander Lampaui Xenia dan Ertiga

ke atas