DUNIA

Rabu, 11 Oktober 2017 | 15:54 WIB

Malala Yousafzai Mulai Kuliah di Oxford University

Didi Prambadi
Malala Yousafzai Mulai Kuliah di Oxford University
Malala Yousafzai (Foto: Bingo)
INILAHCOM, Islamabad - Malala Yousafzai, bocah perempuan peraih Nobel Perdamaian dari Pakistan itu mulai kuliah di University of Oxford, pekan ini.

The New York Times mengabarkan Selasa (10/10/2017), hal itu dituliskan Malala di akun Twitternya. Lima tahun lalu, aku ditembak dan mereka mencoba membungkam saya agar tidak berbicara tentang pendidikan anak-anak perempuan. Tapi hari ini, saya mengawali kuliah saya di Oxford, kata Yousafzai.

Agustus lalu, Malala Yosafzai yang kini berusia 20 tahun, secara formal diterima di Aula Lady Margaret Hall. Waktu itu, Malala mengutarakan bahwa bocah perempuan asal Lembah Swat, Pakistan itu akan mengikuti kuliah filosofi, politik dan ekonomi. Saya ingin membangun negeri saya Pakistan, katanya saat wawancara dengan The New York Times, tahun 2019.

Clare Woocock, jurubicara Perguruan Oxford memberi kepastian bahwa Malala memang diterima di peguruan tinggi kondang di Inggris itu. Bekas PM Pakistan Benazir Bhutto pernah kuliah di perguruan tinggi itu.


Malala menuliskan kisah hidupnya di sebuah blog untuk BBC. Tentang Lembah Swat, sebuah kawasan di Pakistan yang dikuasai kelompok Taliban. Pada 2012 ketika berusia 15 tahun, Malala ditembak oleh seorang gerilyawan Taliban yang menanyakan namanya, sebelum menembak bagian kepala dan lehernya. Malala dikirim ke Inggris untuk menjalani operasi, dan tinggal bersama keluarganya di Birmingham, Inggris pada 2013.

Setahun kemudian ia dianugerahi Nobel Perdamaian, bersama Kailash Satyarthi, aktivis India yang melawan sikap supresif kepada anak-anak dan memperjuangkan hak para bocah menikmati pendidikan.

Bulan lalu, beberapa hari setelah mengunggah fotonya di Sidang Umum PBB, Malala meminta saran dari 987 ribu pengikutnya di Twitter. Apakah ada saran, barang-barang apa saja yang harus dibawa selama di Universitas? Apa saja yang tidak boleh dilakukan dan apa saja yang harusnya dilakukan selama berada di perguruan tinggi?

Banyak yang menyarankan barang-barang yang saya kira terlalu banyak dibawa ke perguruan tinggi. Sebagian lain menyarankan terlalu sedikit, tulisnya belakangan. Namun ada dua barang penting yang harus ada di dalam kopornya: English Breakfast tea dan sandal jepit untuk mandi di asrama.
#MalalaYousafzai #NobelPerdamaian #Nobel
BERITA TERKAIT
China Beri Kartu Hijau Bagi Dua Peraih Nobel Dunia
Beijing Kirim Pesawat Tempur ke Perbatasan Taiwan
Rahul Gandhi Jadi Presiden Partai Kongres India
Arab Saudi Bakal Buka Gedung Bioskop Tahun Depan
Presiden Duterte Takut ISIS Balas Dendamu
PBB: Stop Kekerasan Terhadap Rohingya
Gara-gara Ulah Trump, New York Dibom

ke atas