NASIONAL

Rabu, 11 Oktober 2017 | 20:30 WIB
(Hasil Survei)

66 Persen Menolak Anggapan Jokowi Memusuhi Ulama

Agus Irawan
66 Persen Menolak Anggapan Jokowi Memusuhi Ulama
Direktur Eksekutif Indikator politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Direktur Eksekutif Indikator politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan isu bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memusuhi ulama tak terbukti di masyarakat.

Dia menjelaskan dalam pertanyaan pertama yang diajukan soal apakah Jokowi seorang yang anti Islam atau membela Islam?.

"67 persen responden menyatakan Presiden Jokowi membela Islam dan hanya 6 persen yang menyebut Jokowi anti Islam, kemudian sisanya 27 persen memilih tidak tahu," kata Burhanuddin di kantornya, Jalan Cikini V, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).


Dia mengungkapkan bahwa pertanyaan kedua adalah apakah Jokowi dianggap telah memusuhi ulama?," 66 persen masyarakat menjawab tidak setuju dan 9 persen menjawab sangat tidak setuju, hanya 9 persen lagi yang menjawab setuju dan 0 persen tidak setuju," ujarnya.

Selain itu, 20 persen responden menjawab tidak tahu. Maka angka ini sangat rendah jika dibandingkan dengan maraknya anggapan tersebut di media sosial."Kalau publik menilai Jokowi memusuhi ulama, maka dukungan politik Jokowi kecil," ujarnya.

Survei ini dilakukan 17-24 September 2017 dengan metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 1.220 orang. Sementara margin error survei ini +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.Kemudian respon yang terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancaraan yang telah dilatih.[ivs].
#Survei #Indikator #Jokowi
BERITA TERKAIT
RI-Jepang Sepakati Kerja Sama 6 Proyek Ini
Jokowi Bahas Kerja Sama Lanjutan dengan Jepang
Jokowi Terima Utusan PM Jepang di Bogor
PKS Ingatkan Jokowi Soal Menteri Rangkap Jabatan
Polisi Buru Akun Twitter Ancam Bunuh Jokowi
(Dapat Tambahan Kursi Menteri) PDIP Bakal Pantau Komitmen Golkar Dukung Jokowi
Disebut Tak Sreg Reshuffle, PDIP: Kami Diadu Domba

ke atas