PASAR MODAL

Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:20 WIB

ETF Pintu Gerbang Investor Masuk Pasar Modal

Monica Wareza
ETF Pintu Gerbang Investor Masuk Pasar Modal
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - Exchange Traded Fund (ETF) atau reksa danayang diperdagangkan di bursa efek merupakan bentuk investasi yang mudah bagi investor yang ingin masuk ke pasar modal.

President Director sekaligus CEO Pinnacle Investment, Guntur Putra mengatakan reksadana dan ETF adalah pintu gerbang investor menuju ke pasar modal, lantaran karekteristiknya tersebut yang sangat sesuai bagi investor pemula.

ETF merupakan produk reksa dana di masa mendatang the next generation of index investing. Jadi pintu gerbang investor untuk masuk ke pasar modal jadi harusnya diawali melalui reksa dana,"kata Guntur di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (12/10/2017).

Menurut Guntur, ETF memiliki perbedaan dengan jenis reksa dana non ETF. Perbedaan tersebut adalah bahwa ETF merupkan reksa dana yang dapat diperdagangkan langsung di pasar modal sehingga investor dapat memantau pergerakan investasinya.


ETF kan reksadana yang diperdagangkan dan diperjualbelikan di bursa jadi dari sisi transaksi dari sisi transparansi semuanya ada.Jadi kalau dilihat dari benefitnya ETF dan konvensional dari sisi fleksibilitas jauh lebih unggul ETF," lanjutnya.

Dari sisi transaparansi, ETF sangat direkomendasikan bagi investor yang ingin memantau secara langsung investasinya. Berbeda dengan reksadana konvesional yang memberikan pelaporan secara berkala dari manajer investasi.

Selain itu, keunggulan dari berinvestasi menggunakan ETF adalah operasional ETF dipantau langsung oleh SRO pasar modal sehingga investor tidak perlu mengkhawatirkan pergerakan saham-saham yang tidak biasa.

Itu kan yang ditakutkan oleh investor dan dari sisi ke amanan ini bukan hanya di regulasi oleh OJK tapi di monitor secara aktif oleh KSEI KPEI dan BEI," kata dia. [jin]
#ETF #ReksaDana #PinnacelInvestment
BERITA TERKAIT
YM Bangga dengan Manajer Investasi Syariah Pertama
Paytren Aset Manajemen Sasar 500 Ribu Investor
Cita-cita YM Majukan Investasi Syariah Tanah Air
Ustaz Yusuf Mansur Rambah Investasi Reksa Dana
Kado Akhir Tahun, IHSG Cetak Rekor Baru
Lippo Karawaci Terbitkan Saham Baru 1,450 M Saham
Wall Street Berada di Jalur Positif

ke atas