EKONOMI

Kamis, 12 Oktober 2017 | 15:54 WIB

Bisnis E-Commerce Bakal Memanas di 2020

M Fadil Djaelani
Bisnis E-Commerce Bakal Memanas di 2020
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - Perdagangan berbasis daring atawa e-commerce, makin menjamur di negeri ini. Nilai transaksinya menanjak dari waktu ke waktu. Diprediksi, bisnis e-commerce makin panas di 2020.

Head of Bussiness Policy and Regulation Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), I Nyoman Adhiarna bilang, pemerintah memiliki target atas nilai transaksi e-commerce bisa US$130 miliar pada 2020.

Nyoman mengaku optimis akan realisasi target tersebut. Dirinya sudah melakukan konsultasi kepada sejumlah pihak yang memang kompeten dengan bisnis ini.


"Ada yang mengatakan target ini terlalu ambisius, tapi kita sudah kaji oleh konsultan, bahkan bisa lebih cepat. Tahun 2020 the biggest ASEAN. Akses broadband meningkat dengan peta jalan e-commerce," kata Nyoman dalam di JIexpo, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Memang saat ini bisnis daring ini sedanh tren di tanah air, dimana rata-rata transaksi satu orang di Indonesia menghabiskan uangnya sebesar Rp3 juta dalam setahun untuk berbelanja online.

Tak hanya soal belanja yang online, lanjut dia transportasi juga menuju arah yang digital, dimana saat ini marak transportasi berbasis online, Nyoman bilang saat ini konsumen hal yang lebih praktis dan efisien. "Era ekonomi digital disruptif tidak bisa lagi dipertahankan, bisnis sekarang taksi online, konvensional, aplikasi berubah," katanya.

Nah, saat ini yang perlu dilakukan pemerintah adalah bagaimana melihat potensi bisinis digital untuk kemakmuran rakyat. [ipe]
#PerdaganganDigital #ECommerce #Transaksi
BERITA TERKAIT
Pemuda Kembangkan UMKM Digital, Jokowi Sumringah
(Jaga Lalin Nataru 2018) Dirjen Hubdar Batasi Kendaraan Bersumbu III
Melawan Bitcoin, Pemerintah dan BI Kurang Serius
Sempat Tertunda, Jokowi Resmikan Tol Sumo Selasa
Jaga Harga Garam, Solusi Menteri Susi Hanya Impor
Rasio Elektrik 100%, PLN Kembangkan EBT di Babel
Kinerja Ekspor Januari-November Terus Bersolek

ke atas