METROPOLITAN

Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:06 WIB

Ini Modus Pelaku Penipuan Berkedok PLN

Happy Karundeng
Ini Modus Pelaku Penipuan Berkedok PLN
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - Kasubbid Penmas Humas Polda Metro Jaya, AKBP I Gede Nyeneng mengatakan DR pelaku penipuan berkedok PLN ini menggunakan tanda pengenal dan surat tugas berlogo PLN.

"Pelakunya tunggal bernama DR, dia mengaku sebagai petugas PLN dengan menunjukan surat tugas palsu pada calon korbannya. Tersangka juga pakai id card dengan simbol instansi PLN," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/10/2017).

Ia menjelaskan pelaku memilih targetnya secara acak. Pelaku terlebih dahulu melakukan survei untuk mendata calon korban yang menggunakan meteran listrik lama kemudian menawarkan penggantian ke meteran listrik pasca bayar.

"Modus dia survei dulu, datangi korban, saat diliat rumah calon korban masih pakai meteran lama, ditawarkan diganti jadi model meteran baru yang sesuai kondisi yang ditetapkan PLN," ujarnya.


Ia menjelaskan dalam transaksi, calon korban dimintai uang hingga Rp1,5 juta untuk biaya pergantian dan asuransi. Dari total 18 korban, pelaku telah meraup untung hingga Rp10 juta rupiah.

"Calon korbannya lalu diminta duit ganti meteran baru ditambah uang asuransi yang jumlahnya 450 ribu ampe 1,5 juta rupiah. Dari 18 korban itu, pelaku sudah kumpulkan duit 10 juta," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, Kasubbid Penmas Humas Polda Metro Jaya AKBP I Gede Nyeneng mengatakan pihaknya berhasil mengamankan DR seorang pelaku penipuan yang mengatasnamakan PLN.

"Unit II Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap DR pelaku tunggal penipuan berkedok PLN. Dia menggunakan pengenal dan surat tugas palsu berlogo PLN untuk menipu," katanya.[ris]
#Kriminal #Penipuan
BERITA TERKAIT
Niat Beli Tanah, Pamen Polri Ditipu Rp250 Juta
Tentara AS Gadungan Tipu WNI Hingga Rp80 Juta
Polisi Ringkus Pembobol Kartu Kredit Nasabah Bank
Dalam Dua Tahun, Pelaku Penipuan Beraksi 20 Kali
(Pembunuhan di Pondok Labu) Korban Pembunuhan di Jaksel Purnawirawan TNI AL
(Pembunuhan di Pondok Labu) Penyandera Korban Sebelum Tewas Masih Diburu
(Pembunuhan di Pondok Labu) Sebelum Tewas, Korban Kedatangan Tamu

ke atas