EKONOMI

Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:33 WIB
(Nilainya Capai 3,3 Miliar Barel)

Inilah Penguasa 70% Cadangan Minyak RI

Uji Sukma Medianti
Inilah Penguasa 70% Cadangan Minyak RI
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM,Jakarta - Cadangan minyak bumi Indonesia sebesar 3,3 miliar barel. Sebanyak 70% dikelola oleh tiga Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terbesar yang beroperasi di Indonesia.

Tiga KKKS dengan cadangan terbesar yaitu PT Pertamina sekitar 1.237 juta barel, Chevron Pasific Indonesia sebesar 639 juta barel dan Pertamina Hulu Energi ONWJ LTd sebesar 427 juta barel.

Namun demikian, masih terdapat cadangan potensial dan unrecoverable serta potensi sumber daya yang dapat diambil seiring dengan investasi, keekonomian dan perkembangan teknologi. "Cadangan terbukti minyak kita sebesar 3,3 miliar barel. Kita berupaya untuk terus tingkatkan eksplorasi migas dalam rangka meningkatkan cadangan," kata Kepala Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (12/10/2017).


Sementara dengan upaya peningkatan eksplorasi, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar menyampaikan bahwa realisasi pengeboran sumur migas untuk eksplorasi meningkat di tahun 2017 apabila dibandingkan tahun 2016.

"Hingga saat ini, pengeboran sudah dilakukan di 40 sumur, lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 34 sumur. Hingga akhir tahun, aktifitas pengeboran pun diharapkan masih dapat meningkat,"ujar Arcandra pada pertemuan dengan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas (29/9/2017).

Saat ini selain cadangan terbukti, masih terdapat cadangan potensial minyak bumi sebesar 3,9 miliar. Selain itu, terdapat unrecoverable oil sebesar 55 miliar barel dimana 4,6 miliar barel diantaranya merupakan potensi yang dapat diambil dengan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR). Adapun pontesi sumber daya migas Indonesia sekitar 84,4 miliar barel oil ekuivalen. [hid]
#ProduksiMigas #CadanganMinyak #KKKSMigas
BERITA TERKAIT
(Jaga Lalin Nataru 2018) Dirjen Hubdar Batasi Kendaraan Bersumbu III
Melawan Bitcoin, Pemerintah dan BI Kurang Serius
Sempat Tertunda, Jokowi Resmikan Tol Sumo Selasa
Jaga Harga Garam, Solusi Menteri Susi Hanya Impor
Rasio Elektrik 100%, PLN Kembangkan EBT di Babel
Kinerja Ekspor Januari-November Terus Bersolek
Penuhi Kebutuhan Natal, Kaltara Impor Daging Beku

ke atas