NASIONAL

Kamis, 12 Oktober 2017 | 18:43 WIB

Kapolri Akui Merasakan Kebatinan Warga Tolikara

Muhamad Yusuf Agam
Kapolri Akui Merasakan Kebatinan Warga Tolikara
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memahami tuntutan massa massa yang merusak kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Meski begitu, Tito akan tetap memproses kasus penyerangan tersebut.

"Kenapa saya paham karena saya mantan kapolda Papua dua tahun disana, Saya paham betul barisan merah putih ini. Ini mereka mungkin menyuarakan ketidakpuasan mereka karena calon mereka dikalahkan di MK. Tapi apapun juga keputusan MK adalah final dan binding, final dan mengikat. Jadi kalau seandainya mereka melakukan kekerasan di Jakarta di Papua, proses hukum harus tegak, tidak boleh terjadi," kata Tito kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Mantan Kapolda Papua ini lantas membeberkan akar masalah penyerangan kantor Kemendagri. Tito mengakui jika penyerangan tersebut merupakan masalah politik.


"Akar masalahnya terjadi kontestasi politik yang kurang sehat di Papua. Untuk itu saya minta di Papua, pak Kapolda (Irjen Pol Boy Rafli Amar) bekerja sama dengan stake holder lain untuk minta bantu pak pangdam. pak gubernur saya minta, MRP ,DPRD tenangkan masyarakat Tolikara, tenangkan masyarakat Intan Jaya, Puncak Jaya, Yapen, Kabupaten Jayapura, ini yang mengalami isu pemilihan ulangnya," ujarnya.

Tito mengaku sudah memerintahkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis untuk mengusut tuntas kasus penyerangan ini. Dia menerima informasi bahwa sudah ada 15 orang yang diperiksa.

"Belum (ada tersangka), tapi instruksi saya ke Kapolda Metro sudah ada yang ditangkap 15 org kalau ga salah, diperiksa. Kalau ada yg terbukti, kan ada cctv saksi segala macam, ada yang terbukti proses hukum lakukan, tidak boleh dengan cara kekerasan," jelasnya.[jat]
#Kapolri #TitoKarnavian
BERITA TERKAIT
Tujuh Menteri Terima Bintang Bhayangkara Utama
Kapolri Ajak Panglima Kerja Sama di Tahun Politik
(Jelang Natal dan Tahun Baru) Kapolri Nilai Distribusi Pangan Perlu Dijaga
Kapolri Terima Anugerah Kepolisian dari Malaysia
Polri Akui Sulit Tangkap 21 KKB yang Masih Buron
Kapolri akan Cek Kebenaran Tewasnya Bahrun Naim
Kapolri Pimpin Upacara HUT Korpolairud ke-67

ke atas