PASAR MODAL

Kamis, 12 Oktober 2017 | 20:02 WIB

Penjualan Mobil China Naik 5,7% Bulan September

Wahid Ma'ruf
Penjualan Mobil China Naik 5,7% Bulan September
(Foto: cnn)
INILAHCOM, Shanghai- Pasar mobil China tumbuh dengan mantap pada bulan September, mendekati target pertumbuhan 5% untuk tahun 2017.

China Association of Automobile Manufacturers mengatakan total penjualan kendaraan pada bulan September meningkat 5,7% dibandingkan dengan setahun yang lalu menjadi 2,71 juta. Data ini sejalan dengan pertumbuhan sekitar 4% -6% yang dicapai dalam beberapa bulan terakhir, seperti mengutip marketwatch.com.

Pasar mobil terbesar di dunia ini, tumbuh 4,5% dalam tiga kuartal pertama tahun 2017. Tren melamban mulai tahun ini karena kenaikan pajak penjualan mobil di negara tersebut. Bulan lalu, asosiasi produsen memperingatkan bahwa tujuan target pertumbuhan 5% tahun ini menjadi tujuan idealis. Namun tiga bulan berturut-turut pertumbuhan di atas 5% sekarang mungkin telah menempatkan target yang ada.


Meski begitu, asisten sekretaris jenderal asosiasi Xu Shihua mengatakan pada hari Kamis bahwa penjualan akan mendapat tekanan pada kuartal terakhir tahun ini, dengan permintaan untuk mobil penumpang baru yang masih relatif lemah, dan pertumbuhan bergantung pada permintaan hot-red untuk kendaraan komersial.

Penjualan mobil penumpang pada bulan September tumbuh 3,3% dari tahun lalu menjadi 2,34 juta. Dengan penjualan meningkat 2,4% dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Itu dibandingkan dengan pertumbuhan 15,9% tahun lalu, tingkat ekspansi yang menurut asosiasi produsen tidak mungkin dicapai lagi karena pasar mobil China jatuh tempo.

Penjualan kendaraan komersial meningkat hampir seperempat bulan lalu, dan naik 18% sepanjang tahun ini.

Sementara beberapa pembuat mobil individu belum mempublikasikan angka penjualan China September mereka, beberapa melaporkan bulan yang kuat. General Motors Co mengatakan penjualan China pada bulan September naik 6,6% dari tahun lalu. Sementara trio Jepang Honda Motor Co, Nissan Motor Co dan Toyota Motor Corp. semua melaporkan kenaikan penjualan bulanan sebesar 14% -15%.
#BursaSaham #IHSG #Dolar #Rupiah #DolarAS
BERITA TERKAIT
Rupiah Lesu Respons RUU Pajak AS
Saham Dua Raksasa Konstruksi Jepang Rontok
Inilah Pemicu Penguatan Bursa Asia
Window Dressing Cetak Rekor Baru IHSG?
Bursa Eropa Kokoh di Area Positif
Detik Terakhir, IHSG Hijau 14,5 Poin ke 6.133
Bursa Saham Asia Masih Berkuasa di 2018

ke atas