METROPOLITAN

Kamis, 12 Oktober 2017 | 21:05 WIB

Cegah Tawuran, Polri-TNI Sinergi Bangun Taman Baca

Willi Nafie
Cegah Tawuran, Polri-TNI Sinergi Bangun Taman Baca
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi Ario Seto (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Polres Metro Jakarta Pusat melaunching Taman Bacaan Kemala Bhayangkari di Mapolsek Johar Baru, Jakarta Pusat.

Peresmian taman baca ini dihadiri Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi Ario Seto dan Dandim 0501/Jakarta Pusat Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha.

Konsep taman baca untuk masyarakat ini disajikan menggunakan sebuah mobil dan sepeda motor roda tiga roda yang dilengkapi dengan fasilitas sound sistem, seperti TV, speaker, dan DVD player. Sehingga, selain membaca buku, anak-anak pun dapat menikmati tayangan film pendidikan.

Adapun sepeda motor dan mobil tersebut bakal berkeliling ke setiap titik dan diutamakan di wilayah hukum Jakarta Pusat yang terkesan rawan.


Di samping itu, untuk wilayah Johar Baru, didirikan sebuah bangunan khusus. Nantinya, anak-anak di kawasan yang terkesan rawan ini dapat menyempatkan waktu luang membaca buku di ruang tersebut.

"Di sini (Johar Baru) kan potensi konflik sosial cukup tinggi, jadi dengan adanya taman baca, motor dan mobil bacaan hal ini bisa mendorong masyarakat untuk melakukan hal positif," kata Suyudi, Kamis (12/10/2017).

Sementara itu Dandim 0501/Jakarta Pusat Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha mengaku pihaknya telah turut serta membuat taman baca untuk masyarakat.

Taman baca yang dibuat itu tersebar di komando rayon militer (koramil) yang ada di bawah Kodim 0501/Jakarta Pusat. Adapun, program tersebut dinilai sangat efektif dalam menekan angka kriminal di wilayah Jakarta Pusat.

"Iya sama (taman baca) di koramil juga kita siapkan, hampir sama, sinergi ya. TNI dan Polri harus merapat. Apalagi Jakpus kan (ring satu) keamanan di Indonesia," pungkasnya.[jat]
#Tawuran
BERITA TERKAIT
Inilah Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini
PAM Jaya Tunggu Arahan Anies Soal Air
PAM Jaya Klaim Putusan MA Soal Air Menguntungkan
Hujan Deras Merata Terjadi di Jabodetabek
Klaim Anggota LSM, Pria Ini Tak Mau Ditilang
Mahasiswa Demo Tuntut Polisi Bebaskan Temannya
Prasetyo Pertanyakan Urgensi Rapat Paripurna

ke atas