GAYA HIDUP

Kamis, 12 Oktober 2017 | 22:01 WIB

Preeklamsia Ancam Nyawa Winda Viska dan Janin

Aris Danu
Preeklamsia Ancam Nyawa Winda Viska dan Janin
Winda Viska (Foto: Istimewa)
INILAH.COM, Jakarta-Penyanyi Winda Viska mengalami kejadian buruk saat hamil anak kedua. Ia divonis mengidap preeklamsia sehingga dokter mengambil tindakan untuk persalinan prematur.

Sekedar informasi, preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).

Preeklamsia yang tidak disadari oleh sang ibu hamil bisa berkembang menjadi eklamsia, kondisi medis serius yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janinnya.

Winda mengatakan, ia tidak merasakan gejala aneh selama hamil sehingga tak menyadari jika dirinya terkena preeklamsia.


"Gejala sih enggak ada. Kayak kita lagi pusing saja. Gitu doang enggak ada gejala spesifik. Pokoknya tiba-tiba tekanan darah naik," katanya dalam wawancara di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Dokter yang menangani Winda pun kemudian mengambil tindakan cepat dengan melakukan persalinan prematur melalui operasi caesar. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan ibu maupun janin.

Kini kondisi kesehatan Winda Viska sudah berangsur pulih. Kondisi sang bayi yang lahir prematur kini masih dalam perawatan intensif di rumah sakit.

"Preeklamsia bisa dihentikan kalau bayi sudah dikeluarkan. Setelah caesar kemarin sudah normal semua," ujar Winda. [adc]
#Preeklamsia #WindaViska
BERITA TERKAIT
Prudential Indonesia Gandeng Premier Hospital
Dorong Vaksin HPV Sebagai Program Vaksin Nasional
Kebiasaan Makan Tidak Sehat Pengaruh dari Iklan?
Minuman Berenergi Tidak Lebih Baik dari Soda?
Menyusui Dapat Turunkan Risiko Diabetes dan Kanker
Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV
Wisata di Jogja yang Bikin Pelancong Kesengsem

ke atas