NASIONAL

Jumat, 13 Oktober 2017 | 00:08 WIB

Rumah Mewah Ini Ternyata Dijadikan Pabrik Arak

Rumah Mewah Ini Ternyata Dijadikan Pabrik Arak
(Foto: beritajatim)


INILAHCOM, Tuban - Sejumlah petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban kembali melakukan penggrebekan di sebuah rumah besar yang memiliki ruangan khusus untuk melakukan produksi pembuatan minuman keras (Miras) jenis Arak, Kamis (12/10).

Rumah mewah yang berada di Dusun Semanding Barat, Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban itu disinyalir sudah lama menjadi tempat produksi Arak. Tiap hari pelaku bisa menghasilkan puluhan liter Arak yang kemudian di kirim ke luar Tuban.

"Berdasarkan keterangan rata-rata bisa melakukan produksi Arak sebanyak 60 liter," terang AKBP Sutrisno HR, Kapolres Tuban yang langsung datang di lokasi penggrebekan pabrik Arak itu.

Penggrebekan itu sendiri berawal dari laporan dan informasi masyarakat yang mengetahui tentang peredaran Arak itu. Kemudian anggota Polres Tuban melakukan penyelidikan dengan membuntuti pelaku yang diketahui bernama Sutarlik (38) sampai di lokasi pabriknya itu.


"Awalnya ada informasi dari masyarakat dan kita kembangkan kemudian ditemukanlah lokasi ini. Berdasarkan informasi sendiri pelaku sering buka tutup," tambahnya.

Dari rauangan khusus yang ada di samping rumah mewah milik pelaku itu, petugas kepolisian mendapati puluhan drum yang berisikan Baceman atau bahan baku Arak. Selain itu peralatan produksi juga masih lengkap dan disinyalir baru saja digunakan produksi sebelum di grebek.

"Berdasarkan keterangan pelaku ini sudah beroperasi sekitar 2 bulan. Barang bukti yang ditemukan langsung kita amankan guna proses lebih lanjut," ungkapnya.

Adapun sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya adalah sebanyak 5 dus berisikan Arak yang siap edar, 1 buah dandang besar, 2 kompor, 10 tabung gas elpiji. Pompa air, sekitar 6.000 liter baceman, dan bahan baku seperti singkong kering yang merupakan salah satu bahan baku utama untuk proses fermentasi.

"Rata-rata dikirim ke kota besar, dan memang yang terkenal ya Arak Tuban. Ini yang mau saya hilangkan imagenya. Selama saya di sini, akan terus memberantas Arak dan pil dobel L," pungkas Kapolres Tuban saat berada di lokasi.[beritajatim]
#PabrikArak #MinumanKeras
BERITA TERKAIT
(Panglima Gatot Ditolak AS) Imigrasi: Setiap Pencekalan Pasti Beralasan
Amerika Harus Jelaskan Tolak Panglima TNI
(Kisruh Penolakan Panglima TNI) Begini Proses Penerbitan Visa Amerika Serikat
Panglima Gatot Ditolak, Amerika Punya Daftar Cekal
(Panglima Gatot Ditolak AS) AS Tidak Beritahu Pencekalan ke Imigrasi Indonesia
Ayu Mengaku Punya Penis Karena Dikutuk
Kapolri Komitmen Tangani Kasus Perempuan dan Anak

ke atas