HIBURAN

Minggu, 29 Oktober 2017 | 22:05 WIB

Marlupi Dance Academy Pentaskan Balet Rama-Shinta

Aris Danu
Marlupi Dance Academy Pentaskan Balet Rama-Shinta
(Foto: inilahcom/Aris DC)
INILAH.COM, Jakarta-Marlupi Dance Academy (MDA), sekolah balet kenamaan membuat pementasan tari balet dengan cerita pewayangan Rama dan Shinta di Teater Djakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), pada Sabtu dan Minggu, 28 dan 29 Oktober 2017.

Pementasan tersebut merupakan kesekian kalinya yang digelar oleh sekolah tari yang didirikan Marlupi Sijangga pada tahun 1956 itu.

"Hidup saya memang untuk balet. Ada atau tidak penghargaan dari pemerintah sampai kapan pun saya akan berjuang agar balet bisa diterima dengan baik di tengah masyarakat kita. Saya bersyukur setelah 61 tahun mendirikan sekolah balet akhirnya menerima penghargaan dari pemerintah," kata Marlupi saat jumpa pers di TIM, baru-baru ini.

Pada pementasan Rama dan Shinta ini, Marlupi menghadirkan pertunjukan balet klasik yang disesuaikan dengan cerita Rama dan Shinta klasik. Pertunjukan berlangsung selama 60 menit yang disutradarai oleh Fifi Sijangga, putri dari Marlupi. Dalam pementasan ini, Fifi menggandeng Didi Budiardjo sebagai desainer kostum dengan acessories dari Rinaldy A Yunardi dan Felix Christianto sebagai music director.


"Pertunjukan ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkat kualitas seni dan budaya di tanah air. Sekaligus memajukan minat balet di sini, sebab banyak anggota kami yang berprestasi di luar negeri," kata Fifi dalam kesempatan yang sama.

Penari balet pria, Michael Halim didapuk memerankan tokoh Rama. Pria yang berhasil meraih gelar 'Solo Seal' dari Royal Academy of Dance, London ini merupakan satu-satunya penari balet pria terbaik milik Indonesia. Sedangka yang berperan sebagai Shinta adalah Siti. Mereka didukung pula oleh sekitar ada 250 murid MDA dalam pertunjukan ini.

Marlupi Dance Academy adalah akademi tari yang didirikan oleh Marlupi Sijangga pada 1956 lalu. Di tangannya, MDA berhasil menghasilkan balerina-balerina handal Indonesia. Dan di usia ke-80, Marlupi Sijangga baru saja dianugerahi penghargaan Maestro Seni Tradisi kategori Pencipta, Pelopor, dan Pembaruan Seni Tari Balet di Indonesia dari pemerintah. Penghargaan diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta, 28 September 2017 lalu.

MDA semakin berkembang sejak keterlibatan Fifi Sijangga yang berhasil membuka cabang di Jakarta setelah sebelumnya hanya ada di kota Surabaya. Pada generasi kedua ini, MDA mencapai reputasi baik nasional maupun internasional sebagai salah satu akademi tari unggulan di Indonesia sejak tahun 1995. [adc]
#MarlupiDanceAcademy #BaletRamaSinta
BERITA TERKAIT
Dude Harlino Ikut Renovasi Sekolah Dasar di Sleman
Kabar Duka! Artis Senior Laila Sari Tutup Usia
PADI Reborn Jadi Magnet Authenticity Fest Bandung
ADA Band Dukung Keputusan Donnie untuk Keluar
Ditinggal Vokalis, Bagaimana Nasib ADA Band?
(Authenticity Fest 2017) PADI Reborn Sukses Hipnotis Warga Bandung
Kahitna Hipnotis Ribuan Alumni SMA 31 Jakarta

ke atas