TEKNOLOGI

Jumat, 03 November 2017 | 12:12 WIB

NASA Temukan 20 Planet Baru yang Berpotensi Dihuni

NASA Temukan 20 Planet Baru yang Berpotensi Dihuni
(Foto: Ilustrasi)
INILAHCOM, Washington - Sebuah analisis data dari teleskop ruang angkasa Kepler milik NASA telah mengungkapkan 20 planet selain Bumi yang mungkin berptensi untuk dihuni manusia, demikan New Scientist melaporkan.

Setiap planet baru hadir dengan waktu orbit yang bervariasi, termasuk yang setara dengan 395 hari Bumi untuk mengelilingi bintangnya dan satu lagi mengambil hanya 18 hari untuk menyelesaikan orbit tunggal.

Planet yang ditemukan di luar tata surya atau exoplanet dengan waktu orbit 395 hari adalah salah satu dunia kehidupan yang paling menjanjikan dalam daftar tersebut, demikian Jeff Coughlin, pemimpin tim Kepler mengatakan kepada New Scientist.

"Jika Anda harus memilih satu untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke sana, itu bukan pilihan yang buruk," katanya seperti dikutip Xinhua.


Exoplanet, yang dijuluki KOI-7923.01 itu, berukuran sekitar 97 persen dari Bumi, namun lebih dingin seperti daerah tundra. Temperaturnya yang dingin adalah karena jarak dari bintangnya dan fakta bahwa bintangnya sedikit lebih dingin daripada Matahari.

Kendati demikian, para ilmuwan mengatakan masih hangat dan cukup besar untuk menahan air jernih yang sangat penting untuk kehidupan.

Pada Juni lalu, NASA mengumumkan bahwa Kepler menemukan 219 calon planet baru di luar Tata Surya, 10 di antaranya berukuran seperti Bumi dan mengorbit di zona layak huni.

Sejauh ini, teleskop Kepler telah mendeteksi lebih dari 4.000 kandidat exoplanet, menurut badan antariksa NASA.
#NASA #planet #teleskop #Kepler #Bumi
BERITA TERKAIT
Asteroid Kecil Lewati Bumi
Air di Planet Ini 250 Kali Lebih Banyak dari Bumi
NASA Deteksi Dua Asteroid Besar Menuju Bumi
Astronom Amatir Temukan Satelit NASA yang Hilang
Kerja Layanan Pengiriman Barang dalam Semalam
Membuat Konsol Genggam Mungil dari Raspberry Pi
Mobil Bentuk Seperti Mouse Komputer

ke atas