EKONOMI

Senin, 06 November 2017 | 18:45 WIB

Konsumsi Rumah Tangga Turun, Enggar Sumringah

Uji Sukma Medianti
Konsumsi Rumah Tangga Turun, Enggar Sumringah
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis penurunan konsumsi rumah tangga di kuartal III-2017 hingga 4,93%. Konsumsi memang menurun dalam dua tahun belakangan.

Saat ditanya penurunan konsumsi, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengumbar senyum. "Menurut saya itu menggembirakan," kata Enggar, sapaan akrabnya di Jakarta, Senin (6/11/2017).

Enggar bilang, perlambatan konsumsi rumah tangga terjadi akibat inflasi yang rendah sekali. "Kita mulai dari inflasi juga rendah sekali, bahkan sampai dengan Oktober itu 2,7 ya," kata Enggar.


Enggar menuturkan, pertumbuhan konsumsi yang rendah, tetap harus disyukuri. Alasannya, negara lain belum tentu bisa menyelamatkan daya beli rakyatnya."Sekarang di mana lagi di dunia yang bisa lebih tinggi. Kita mensyukuri itu," ujarnya.

Di lain sisi, Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, menjelaskan pertumbuhan konsumsi sebesar 4,93%, ditopang beberapa komponen konsumsi, seperti industri makanan dan minuman (mamin), dan perhotelan, kesehatan dan pendidikan. Di mana, seluruh komponen tersebut pertumbuhan positif.

Diakui Kecuk, memang ada sedikit pelambatan di sektor mamin, namun terjadi peningkatan signifikan di konsumsi kesehatan dan pendidikan. [ipe]
#MendagEnggar #Kemendag #DayaBeli
BERITA TERKAIT
GINSI Protes Kebijakan Kemendag Harus Gabung Kadin
Incar Pasar Amerika Latin, RI Tempel Chile
Transaksi Harbolnas Rp4 T, Daya Beli Masih Perkasa
Mendag Enggar Anak-Emaskan Anggota Kadin Indonesia
Kemendag Sidak ITC Cempaka Mas, Banyak Pelanggaran
Poles Kinerja Ekspor, Enggar Dirikan INACHAM
Kini Listrik di Bawean Nyala 24 Jam

ke atas