TEKNOLOGI

Minggu, 12 November 2017 | 14:15 WIB

Astronot Apollo 12 Meninggal Dunia

Astronot Apollo 12 Meninggal Dunia
(NASA/VOA)
INILAHCOM, Washington - Richard Gordon, astronot AS yang mengelilingi bulan tapi tak pernah mendapat kesempatan berjalan di permukaannya, telah meninggal pada usia 88 tahun.

Richard 'Dick' Gordon Jr. adalah pilot uji coba yang terpilih dalam kelompok ketiga astronot NASA tahun 1963. Dia ikut dalam misi Gemini 11 pada 1966 dan dua kali bertugas di luar pesawat di antariksa .

Selama misi Apollo 12 pada November 1969, Gordon mengelilingi bulan di Modul Komando Yankee Clipper, sementara rekannya Alan Bean dan Charles Conrad mendarat dan berjalan di permukaan bulan.

"Dick akan dikenang sebagai salah seorang antariksawan negara kita yang paling berani, seorang pria yang menambah kemampuan bangsa kita dengan menantang dirinya sendiri. Ia akan dikenang," kata pejabat NASA Robert Lightfoot dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir VOA News.


Apollo 12 menandai pendaratan pertama di bulan tepat di lokasi yang telah ditentukan.

Gordon tidak terlalu menyesal karena tidak memiliki kesempatan berjalan di bulan, tapi menantikan kesempatan lain dalam program tersebut.

Dia sebenarnya dijadwalkan untuk memimpin misi Apollo 18 yang akan mendarat di bulan, tapi misi itu dihentikan karena alasan anggaran.

Hanya 12 dari 24 astronot yang dikirim ke bulan punya kesempatan berjalan di permukaan bulan.

Gordon dilaporkan meninggal dunia pada Senin (6/11/2017) di rumahnya di California, AS. Sebab-sebab kematiannya belum diumumkan.
#astronot #NASA #RichardGordon #meninggal #Apollo12
BERITA TERKAIT
Astronom Temukan Asteroid Berbentuk Cerutu
Cara NASA Melacak Badai di Laut
Pesawat Kargo Antariksa Cygnus Tiba di ISS
Mengenal Sue Finley, Pegawai Terlama NASA
Uber Hadirkan Layanan Taksi Terbang pada 2023
Seri Pamungkas HJSC 12 dan HBSC 5 Digelar Besok
Truk Ini Mampu Lewati Rintangan Mirip Bukit

ke atas