DUNIA

Selasa, 14 November 2017 | 12:55 WIB

Ulama Saudi: Umat Muslim Boleh Sholat di Gereja

Didi Prambadi
Ulama Saudi: Umat Muslim Boleh Sholat di Gereja
Abdullah bin Sulaiman Al-Manea (Foto: arabnews)
INILAHCOM, Riyadh - Abdullah bin Sulaiman Al-Manea mengeluarkan fatwa baru yang isinya umat Muslim diizinkan bersholat di masjid Shia atau Sunni, juga di gereja-gereja dan sinagoga.

International Business Times mengabarkan Jumat (10/11/2017), hal itu diungkapkan oleh Abdullah bin Sulaiman, salah satu anggota Dewan Dakwa Senior Arab Saudi. Ulama senior itu tak lupa menambahkan bahwa seluruh bumi adalah milik Allah, seperti yang diucapkan Nabi Muhammad SAW. Bumi merupakan tempat bersujud dan sarana pemurnian bagi saya dan hambanya!

Karena Islam adalah agama yang toleran, maka umat Muslim tidak boleh memandang dasar-dasar Aqidah Islam. Mereka hanya boleh berbeda tentang aliran saja, kata Abdullah bin Sulaiman seperti dikutip Arab News.


Abdullah bin Sulaiman juga menjelaskan, hal itu diungkapkan Nabi Muhammad saat menerima sebuah delegasi agama Kristen dari Najran ke masjid. Mereka dipersilakan untuk berdoa sesuai agamanya, kata Abdullah bin Sulaiman. Mereka yang beragama non-Muslim harus diperlakukan seperti itu oleh umat Muslim, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Abdullah bin Sulaiman menguraikan bahwa agama Islam tersebar di sejumlah negara seperti Indonesia dan Malaysia, karena kebaikan hati para saudagar Muslim. Ketulusan dan kebaikan hati para saudagar Muslim itulah yang menarik perhatian warga di negara-negara tersebut menganut agama Islam.

Fatwa yang menggembirakan banyak pihak itu, bukan kali ini saja dikeluarkan Kantor Abdullah bin Sulaiman Al-Manea. Sekitar 10 tahun silam, juga pernah mengeluarkan imbauan bahwa umat Muslim diizinkan masuk ke gereja untuk melihat-lihat bagian dalamnya dan memperoleh pengetahuan tentang tempat-tempat ibadah agama lain.

Umat Muslim boleh masuk ke gereja untuk mempelajari tentang umat Kristen. Sebaliknya, warga Kristen juga diizinkan masuk ke masjid dan berdoa. Kecuali Masjid Agung di Makkah, kata Adullah bin Sulaiman Al-Manea.
#Saudi #ArabSaudi
BERITA TERKAIT
Pinjaman Kingdom Holding Saudi Ditolak Kreditur
Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya
Dokumen Lebanon: Saudi Berniat Jalin Relasi Israel
Mantan PM Lebanon Berjanji Akan Pulang
Arab Saudi Tahan 208 Orang Terkait Korupsi
Saudi Akan Sulit Tarik Dana Belasan Pangeran di LN
Saudi dan Kuwait Minta Warganya Tinggalkan Lebanon

ke atas