EKONOMI

Selasa, 14 November 2017 | 17:46 WIB

PLN Beli Gas dari JTB Seharga US$7,6 per MMBTU

Uji Sukma Medianti
PLN Beli Gas dari JTB Seharga US$7,6 per MMBTU
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membeli gas dari blok JTB dari Pertamina EP Cepu (PEPC) seharga US$7,6 per MMBTU.

Hal ini seiring PT Pertamina lewat anak usahanya dari Exxon Mobil resmi mengakuisisi proyek Jambaran Tiung Biru (JTB). "PLN beli (gas) harga gasnya US$7,6 per MMBTU," ujar Adriansyah, Presiden Direktur PEPC, di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

PEPC sendiri menargetkan pengeboran pertama akan mulai pada tahun depan dengan mengebor dua sumur dari total enam sumur yang direncanakan. Sementara sisanya empat sumur pada tahun 2019.


Gas dari enam sumur akan diolah melalui gas production facilities (GPF). Dari rata-rata produksi sebesar 315 MMSCFD 330 MMSCFD, GPF memisahkan kandungan CO2 dan H2S, sehingga dapat menjual sebesar 172 MMSCFD.

Nantinya, seluruh gas JTB akan diserap oleh Pertamina dan dijual ke PLN sebesar 100 MMSCFD. Adapun, pelaksanan jual beli gas ini baru bisa dilakukan usai Pertamina secara resmi mengakuisisi proyek JTB dari Exxonmobil.

Selain jual beli gas dengan PLN, Pertamina juga melakukan perjanjian jual beli dengan porsi PEPC mengempit 82,8 % saham serta Pertamina EP pemilik 8% saham JTB.

Sementara itu, untuk proses konstruksinya akan dilakukan oleh Rekayasa Industri dan JGC Indonesia dengan durasi waktu tiga tahun. [hid]
#Pertamina #PLN #PertaminaEPCepu
BERITA TERKAIT
PLN Dorong Mahasiwa Berinovasi Mobil Listrik
PLN Raih Penghargaan Inovasi Keuangan BUMN
PLN Bantu Lestarikan Pantai Panjang
Catat ini, SPBU Dilarang Layani Pembelian Jerigen
Digarap Pertamina, SKK Migas Jamin Mahakam Aman
PLN: Penyederhanaan Golongan Setrum Banjir Peminat
Tahun Depan, PLN pasok Setrum Pelindo Bengkulu

ke atas