EKONOMI

Rabu, 15 November 2017 | 04:09 WIB

3 Saran Sebelum Penyederhanaan Golongan Setrum

Uji Sukma Medianti
3 Saran Sebelum Penyederhanaan Golongan Setrum
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Kementerian ESDM bakal menyederhanakan golongan pelanggan listrik. Nantinya, pelanggan 900 VA non subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, dan 4.400 VA bakal diganti menjadi 5.500 VA.

Dengan tarif tetap, pembayaran listrik akan ditagihkan sesuai pemakaian pelanggan. Sehingga, pelanggan tidak perlu menanggung biaya pemasangan tambah daya.

Akan tetapi, pemerintah harus berbenah diri bila ingin program ini berjalan optimal. Pengamat Energi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi menuturkan, ada tiga hal yang harus dipenuhi pemerintah.

Pertama, kata Fahmy, pemerintah harus menjamin bahwa program penaikan daya setrum ini, tanpa penaikan biaya dalam jangka waktu tertentu secara konsisten.


"Jangan sampai program tersebut baru berjalan, tiba-tiba secara sepihak Pemerintah menaikkan biaya beban dan TDL per kWh, yang justru menambah beban bagi masyarakat," kata Fahmy saat berbincang dengan INILAHCOM, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Kedua, kata Fahmi, PLN harus menjamin ketersediaan kecukupan daya listrik untuk memenuhi peningkatan permintaan konsumen. Termasuk untuk mengantisifikasi penggunaan kompor maupun kendaraan bermotor listrik. "Tanpa jaminan ketersediaan daya listrik sesuai permintaan konsumen, program peningkatan daya itu tidak bermakna sama sekali," ungkapnya.

Ketiga, lanjutnya, PLN harus menjamin tingkat byar-pet alias tingkat pemadaman hingga nol persen, agar tidak merepotkan bagi konsumen.

Kalau masih sering terjadi pemadaman hingga berjam-jam, maka proses produksi UMKM yang mengandalkan daya listrik pastinya akan terganggu. "Pengguna kompor listrik tidak akan bisa memasak pada saat terjadi pemadaman,sehingga membuat konsumen kecewa," ujarnya. [ipe]
#Listrik #PLN #PenyederhanaanGolongan
BERITA TERKAIT
Untuk Investasi Smelter, PLN Siap Pasok Listriknya
Menteri BUMN Lakukan Penyalaan 4 Pelanggan Besar
(Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca) PLN Terima Penghargaan Menteri LHK
Anak Usaha PLN Raih Penghargaan Menteri Siti
(Progres Pembangunan di Sidrap capai 90%) Indonesia Punya PLTB terbesar se-Asia Tenggara
Di Depan Bos PLN, Rini Minta PLTB Sidrap Dikebut
Kebakaran, PLN Pindahkan Kantor Tanjung Priok

ke atas