EKONOMI

Selasa, 14 November 2017 | 21:45 WIB

BKP: Permentan 31/2017 untuk Lindungi Konsumen

Ahmad Farhan Faris
BKP: Permentan 31/2017 untuk Lindungi Konsumen
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Agung Hendriadi (Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Makassar - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Agung Hendriadi mengatakan, Permentan Nomor 31 Tahun 2017 tentang Kelas Mutu Beras bertujuan melindungi konsumen.

Selain itu, masih kata Agung, Permentan 31/2017 menjadi dasar bagi pelaksanaan pengawasan kualitas dan harga beras. "Di dalam peraturan itu dijelaskan berdasarkan kualitasnya, beras dibagi menjadi 2 kelas mutu, yaitu mdium dan premium. Ketentuan harga jual yang berlaku bagi kedua jenis mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam Permendag 57 Tahun 2017," kata Agung di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2017).

Menurut dia, di luar kedua kelas mutu itu juga terdapat jenis beras yang dikhususkan yakni beras ketan, beras merah, beras hitam dan beras khusus dengan persyaratan.


"Di dalam beras khusus dengan persyaratan adalah beras kesehatan, beras organik, beras indikasi geografis, beras varietas lokal yang telah mendapatkan pelepasan oleh Menteri Pertanian, dan beras tertentu yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri," ujarnya.

Ia berharap masyarakat mendapatkan informasi yang lebih jelas dan rinci terkait Permendag 57 Tahun 2017 dan Permentan 31 Tahun 2017 serta aspek-aspek terkait kualitas dan penerapan harga beras.

"Sehingga secara bersama-sama kita semua dapat mendukung implementasi peraturan tersebut demi terwujudnya ketahanan pangan nasional," tandasnya.[ipe]
#BKP #Kementan #Beras
BERITA TERKAIT
Stok Pangan Aman, Amran Minta Bulog Siap-siap
Potong Rantai Distribusi TTI Jual Beras Rp8.000/kg
Pasokan Beras Jelang Natal & Tahun Baru 2018 Aman
Jaga Ketersediaan Beras, BKP Kementan Bina LDPM
Gapoktan Baji Gau Kirim Beras ke Lapas 70 Ton/Bln
(Swasembada Pangan) Mentan Berterimakasih Kepada TNI dan Banyak Pihak
Mentan Panen Padi 100 Ha di Rawa Lebak

ke atas