EKONOMI

Rabu, 15 November 2017 | 06:09 WIB

Satgas Pangan Dihimbau Berhati-hati

Ahmad Farhan Faris
Satgas Pangan Dihimbau Berhati-hati
Staf Khusus Menteri Pertanian, Sam Herodian (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Makassar - Staf Khusus Menteri Pertanian, Sam Herodian mengingatkan satgas agar berhati-hati dalam menindak mitra pemerintah di bidang ketahanan pangan.

"Ada beberapa hal lain supaya teman-teman kepolisian yang jadi mitra Bulog, mitra bangsa negara justru melindungi. Kalau sudah anggota mitra wajib dilindungi oleh polisi atau aparat lain, itu yang kita koordinasikan," kata Sam di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2017).

Ia menjelaskan, saat ini, sudah ada Satgas Pangan yang tugasnya mengawasi, apabila ada orang atau pihak yang menjalankan usahanya tidak sesuai dengan aturan. Selanjutnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta tim khusus pangan untuk koordinasikan agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat.


Menurut dia, saat ini, pihaknya baru konsentrasi di Pulau Jawa dan Sumatra. Sedangkan, Sulawesi Selatan akan didatangi juga supaya jangan ada mispersepsi. Misalnya, ada pengusaha penggilingan yang membeli beras, dilanda ketakutan karena bisa disangka menimbun.

"Tapi selama itu untuk kepentingan bersama, saya suplai ke Bulog dan sudah ada kontraknya, itu tak apa-apa. Makanya, hal ini akan dilakukan koordinasi antara pemerintah dengan aparat kepolisian. Sebab, Bulog itu merupakan representasi bangsa Indonesia," ujarnya.

Kemudian, kata dia, misalnya Sergab selama ini lebih banyak ke petani, sekarang bergeser ke penggilingan. Karena, dari bisnisnya penggilingan ini tidak hanya ambil beras di sekitar penggilingannya.

"Misalnya di Sumut bisa ambil di Sulsel, jadi tak ada masalah selama disuplai ke Bulog. Selama ini dari penggilingan, kan gak punya fasilitas penggilingan. Jadi kalau nyerap gabah petani itu pasti Bulog bermitra dengan penggilingan itu, nanti penggilingan masuk," tandasnya. [ipe]
#BKP #Kementan #Beras
BERITA TERKAIT
Stok Pangan Aman, Amran Minta Bulog Siap-siap
Potong Rantai Distribusi TTI Jual Beras Rp8.000/kg
Pasokan Beras Jelang Natal & Tahun Baru 2018 Aman
Jaga Ketersediaan Beras, BKP Kementan Bina LDPM
Gapoktan Baji Gau Kirim Beras ke Lapas 70 Ton/Bln
(Swasembada Pangan) Mentan Berterimakasih Kepada TNI dan Banyak Pihak
Mentan Panen Padi 100 Ha di Rawa Lebak

ke atas