DUNIA

Rabu, 15 November 2017 | 09:30 WIB

AS Kecam Venezuela dalam Pertemuan DK PBB

AS Kecam Venezuela dalam Pertemuan DK PBB
Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley (Foto: RedState)
INILAHCOM, New York - Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengecam Venezuela yang disebutnya sebagai 'negara dengan kejahatan narkoba yang semakin tinggi' yang mengancam keamanan dunia, dalam sebuah pertemuan PBB yang diboikot Rusia dan China.

Mengutip AFP, Haley mengatakan bahwa pertemuan informal Dewan Keamanan PBB tersebut ditujukan untuk menarik perhatian internasional ke krisis politik dan ekonomi di Venezuela, yang berada di ambang kejatuhan.

Namun, dua anggota utama DK PBB, Rusia dan China, menolak hadir, begitu juga dengan Bolivia --anggota dewan non-permanen yang dekat dengan pemerintahan Presiden Venezuela Nicolas Maduro-- dan Mesir.


Menyampaikan pidato dalam pertemuan tersebut, Haley mengatakan 'situasi di Venezuela melebihi tragedi kemanusiaan', seraya menambahkan bahwa krisis itu 'menimbulkan ancaman langsung bagi perdamaian dan keamanan internasional'.

Sementara itu, duta besar Rusia, China, Bolivia bergabung dengan utusan Venezuela untuk PBB, yang bersama-sama menyapa para jurnalis di luar gedung, menyatakan bahwa pertemuan itu ilegal dan melanggar piagam PBB.

"Ini adalah tindakan memusuhi oleh AS dan jelas sebuah tindakan intervensi," kata perwakilan tetap Venezuela untuk PBB, Rafael Ramirez.

Adapun Duta Besar Rusia Vassily Nebenzia mengatakan perundingan yang dipimpin AS itu sama dengan 'mencampuri urusan dalam negeri Venezuela' dan meminta Dewan Keamanan PBB untuk tidak terlibat.
#AS #Venezuela #PBB #DKPBB
BERITA TERKAIT
PBB Rayakan HUT 70 Deklarasi Universal HAM
(Kasus Dugaan Korupsi) Orang Dekatnya Menohok, PM Israel Terpojok
(Senat Alabama Izinkan) Ini Eksekusi Hukuman Mati dengan Gas Nitrogen
Paket Mencurigakan Dikirim ke Pangeran Harry
Saudi Siapkan Rp875 Triliun untuk Sektor Hiburan
Kedubes AS di Montenegro Dilempar Granat
Korup, Pengurus Gereja di Singapura Ditangkap

ke atas