PASAR MODAL

Rabu, 15 November 2017 | 13:45 WIB

Jepang Catat PDB Kuartal II Tumbuh 0,3%

Wahid Ma'ruf
Jepang Catat PDB Kuartal II Tumbuh 0,3%
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM, Tokyo - Produk domestik bruto (PDB) tumbuh 0,3 persen dibandingkan kuartal sebelumnya, yang sesuai dengan perkiraan median dan mengikuti ekspansi kuartal-ke-kuartal 0,6 persen pada bulan April-Juni.

Data Kantor Kabinet menunjukkan pada Rabu (15/11/2017) ini merupakan hasil yang menunjukkan ekonomi Jepang telah tumbuh untuk kuartal ketujuh. Kuartal ini sebagai periode terpanjang ekspansi sejak kuartal delapan berlangsung dari bulan April-Juni 1999 sampai Januari-Maret 2001.

Permintaan eksternal atau ekspor dikurangi impor adalah alasan terbesar untuk ekspansi, menambahkan 0,5 persen pada pertumbuhan. Permintaan eksternal negatif mengurangi revisi 0,2 poin persentase dari pertumbuhan PDB pada bulan April-Juni.


Konsumsi swasta, yang menyumbang sekitar dua pertiga dari PDB, turun 0,5 persen dari kuartal sebelumnya, lebih tinggi dari perkiraan median kontraksi 0,3 persen untuk menandai penurunan pertama sejak Oktober-Desember 2015, seperti mengutip cnbc.com.

Belanja modal naik 0,2 persen pada Juli-September dari kuartal sebelumnya, kurang dari perkiraan median untuk kenaikan 0,3 persen.

Pemerintah Jepang akan mengumumkan paket langkah-langkah ekonomi hingga akhir tahun yang bertujuan untuk meningkatkan investasi dalam pelatihan keterampilan dan meningkatkan produktivitas.

Pertumbuhan jangka panjang ini harus mendorong Bank of Japan bertahan dengan kerangka pelonggaran moneter saat ini, mengingat argumennya bahwa tekanan inflasi akan merembes melalui ekonomi sepanjang pertumbuhan berada pada jalur yang benar.
#BursaSaham #IHSG #Dolar #Rupiah #DolarAS
BERITA TERKAIT
Wall Street Berada di Jalur Positif
Surplus Neraca Dagang Antar IHSG ke Rekor Baru
Optimisme atas RUU Pajak AS Lemahkan Rupiah
Bursa Asia Tertekan Pelemahan Wall Street
Bursa Saham Eropa Bergerak Melemah
IHSG Berbalik Positif 6 Poin ke 6.119
Deutshce Telecom Sepakat Beli Tele2

ke atas