GAYA HIDUP

Senin, 20 November 2017 | 16:36 WIB

Upaya Mandiri Atasi Keropos Tulang

Suyadi
Upaya Mandiri Atasi Keropos Tulang
(Foto: Ilustrasi)
OSTEOPOROSIS adalah pengroposan tulang yang disebabkan pori-pori tulangnya menjadi besar sehingga ketika jatuh atau terjadi benturan tulang mudah patah. Atau yang disebabkan oleh tulang kehilangan mineral sehingga menjadi rapuh dan lemah secara berlahan-lahan.

Tidak ada gejala yang khusus dari penyakit ini hanya biasanya penderita merasa pegal terus menerus tanpa sebab yang jelas. Penyakit ini umumnya sering dialami oleh kaum perempuan pada masa menopause.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa pengroposan tulang akibat kekurangan kalsium sehingga pencegahan dan pengobatannya yaitu dengan menambah kalsium. Penambahan kalsium sendiri hanya akan bermanfaat apabila di dalam tubuh cukup tersedia fosfor (P) jika tidak kelebihan kalsium di dalam tubuh akan menjadi racun.


Penyakit ini biasanya menyerang daerah pinggul. Penyebab dari penyakit ini kebanyakan karena kekurangan zat kalsium. Juga faktor keturunan atau genetika, karena usia, kekurangan protein, kekurangan vitamin A, C dan D, metabolisme tubuh, cacat bawaan, puber aktif, menopause, stroke dan penyakit diabetes.

Sering-seringklah mengkonsumsi biji-bijian, jus nanas, minum teh, sayur kucai, hapermut. Lalu kemudian hindari kopi, kebiasaan merokok, minuman keras, coklat, kacang tanah gorang, daging asap, keju, kismis, es krim dan yogurt. Yang sama pentingnya yaitu latihan atau gerak badan sebagai upaya mandiri yang mudah dilakukan untuk mencegah penyakit keropos tulang.

Olahraga yang baik untuk mempertahankan atau meningkatkan keadaan tulang adalah olahraga yang bersifat peregangan. Seperti jogging, berenang, bersepeda, basket, dan lompat tali. Olehraga dilakukan seminggu tiga kali.

Bisa juga dengan dimassage/pijat seminggu sekali sirkulasi darah jadi lancar, tulang jadi kuat dan keras, rasa pegal-pegal hilang, badan terasa nyaman, hangat, segar dan badan jadi sehat. [*]
#Suyadi #Osteoporosis
BERITA TERKAIT
Masturbasi Dapat Merusak Selaput Dara
Prudential Indonesia Gandeng Premier Hospital
Dorong Vaksin HPV Sebagai Program Vaksin Nasional
Kebiasaan Makan Tidak Sehat Pengaruh dari Iklan?
Minuman Berenergi Tidak Lebih Baik dari Soda?
Menyusui Dapat Turunkan Risiko Diabetes dan Kanker
Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

ke atas