TEKNOLOGI

Rabu, 22 November 2017 | 15:59 WIB

Uber Siap Beli 24.000 unit SUV Mobil Tanpa Sopir

Ibnu Naufal
Uber Siap Beli 24.000 unit SUV Mobil Tanpa Sopir
(Foto: AP)
INILAHCOM, San Francisco - Perusahaan traportasi dalam jaringan ini ingin mengganti model bisnis dari berbagi profit dengan pemilik mobil menjadi memiliki kendaraan sendiri tanpa supir.

The Guardian mewartakan, Volvo mengatakan pada hari Senin (20/11/2017), bahwa pihaknya akan menyediakan lebih dari 24.000 unit SUV (sport utility vehicle) XC90 yang telah dilengkapi dengan teknologi mobil otonom. Hal ini merupakan bagian dari kesekapan hingga 3 tahun ke depan sampai 2021.

Perusahaan pemilik Volvo, Geely Atumobile akan menyediakan kendaraan, sementara Uber bertanggung jawab atas sistem swakemudi yang saat ini sedang dikembangkan oleh Ubers Advanced Technologies Group.


Pengumuman tersebut menyusul berita bahwa Alphabet's Waymo akan meluncurkan layanan mobil otonom pertama di dunia dalam beberapa bulan ke depan di Arizona, Amerika Serikat. Wilayah ini sudah melegalkan untuk mengoperasikan mobil yang dapat beroperasi tanpa bantuan manusia di belakang kemudi.

Apabila Uber benar membeli semua 24.000 unit mobil, ini adalah pemesanan terbesar dalam sejarah industri mobil otonom. Secara teori nantinya mobil ini bisa mengambil penumpang tanpa bantuan manusia sedikitpun.

"Tujuan kami adalah dari hari pertama untuk melakukan investasi ke dalam kendaraan yang bisa diproduksi dalam skala besar, kata Jeff Miller, kepala aliansi otomotif Uber.

Adapun Uber telah menguji prototipe mobil Volvo selama lebih dari satu tahun di Arizona dan Pittsburgh, dengan masih menggunakan manusia untuk mengintervensi jika diperlukan.
#Uber #SUV
BERITA TERKAIT
(Detroit Auto Show 2018) Lexus Siapkan Konsep Crossover LF-1 Limitless
Rusia Prioritaskan Eksplorasi Wilayah Arktik
Produk Cetakan Es Batu ala Pesawat Star Wars
Gandeng AMD, ASUS Luncurkan Empat Laptop Gaming
Renault 'Hidupkan' Lagi Mobil Sport Alpine
Spotify Akan Rombak Antarmuka Versi Android
Ada 7 Miliar Percakapan Per Hari di Messenger

ke atas