GAYA HIDUP

Selasa, 28 November 2017 | 03:15 WIB

Luar Biasa, Manfaat Sentuhan Ibu untuk Anak

Mia Umi Kartikawati
Luar Biasa, Manfaat Sentuhan Ibu untuk Anak
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Setuhan Ibu bisa dirasakan kapan saja dan dimana saja. Sentuhan yang tidak terbatas itu dapat dirasakan oleh anak sejak bangun tidur.

Ibu biasanya memberikan sentuhan kepada anak setiap saat dan ternyata dengan kesempatan bersentuhan itu memberikan dampak yang luar biasa. Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, saat ditemui di acara NIVEA Mengapresiasi Sentuhan sayang ibu, Senayan City, Jakarta, Senin (27/11/2017), sentuhan memberikan efek merasa terhubung, sehingga terbentuk bonding. Kemudian sentuhan bisa membuat anak tenang dan membuat anak itu menjadi siap untuk belajar.

"Apa sebenarnya hubungan sentuhan dan mempererat ikatan. Kalau sentuhan itu ada hormon oksitosin yang keluar. Ini akan mempererat hubungan ibu dan anak. Hormon itu yang membuat ikatan antara anak dan ibu. Kalau ini terjadi terus menerus, ini akan dapat meningkatkan hubungan ibu dan anak," papar Vera.


Dia menambahkan, hubungan sentuhan dan belajar juga dapat dihasilnya. Ini adalah sentuhan yang positif yang diberikan pada anak dan akan membuat anak lebih dekat, dengan begitu ini akan membuat anak lebih santai dan dapat membuat anak siap belajar.

"Ini juga dapat membantu anak mengatur emosi dan menjalin interaksi sosial," tambahnya.

Masih menurutnya, setuhan kasih sayang akan melepaskan hormon penting termasuk oksitosin, serotonin, dan dopamin. Oksitosin akan menurunkan hormon stres yaitu kortisol, yang membantu anak menjadi relax.

"Bonding dan relax akan terjadi jika anak dan ibu merasakan nyaman. kalau keduanya tidak nyaman, ini akan membuat mereka tidak baik," paparnya.(tka)
#ibu #anak #sentuhan #hormon
BERITA TERKAIT
(Cek Kesehatan Sebelum Nikah) Tekan Angka Kematian Anak
Ibu Hamil Sehat, Anak Selamat
Ini Cara Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi
Hindari Kehamilan yang Tidak Direncakan
Orang Tua Harus Bijak Pilih Nutrisi untuk Anak
Jakarta Menuju Kota Layak Anak
Story Telling Bahasa Stimulus Penting Bagi Anak

ke atas