GAYA HIDUP

Selasa, 28 November 2017 | 04:30 WIB

Waktu yang Tepat untuk Bercerita dengan Anak

Mia Umi Kartikawati
Waktu yang Tepat untuk Bercerita dengan Anak
(Foto: Ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - Bercerita atau mendongeng sangat baik untuk anak. Ternyata, Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk dapat bercerita dengan anak. Lalu kapan waktu terbaik itu?

Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), bercerita tidak hanya terbatas pada saat menjelang tidur, akan tetapi kapanpun kesempatan bersama anak. Hal tersebut tentu Anda bisa melihat dari situasi dan kondisi anak.

"Karena yang terpenting adalah kualitas hubungan ibu dan anak, bukan materi cerita. Setiap cerita baiknya dibawakan lebih interaktif serta dalam durasi ideal yaitu antara 15-30 menit agar anak tetap antusias dan fokus," kata Vera saat ditemui di acara NIVEA Sentuhan sayang Ibu di Senayan City, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Masih menurutnya, seorang ibu harus bisa mengetahui waktu yang tepat untuk bercerita dengan anak. Terkadang, anak mengalami perasaan hati yang berubah - ubah.


"Ibu bisa memulai percakapan dengan anak melalui sebuah sentuhan. Misalnya, ketika anak pulang sekolah, ibu bisa mengelus punggung anak sambil bertanya. Jika anak bilang capek, ibu bisa memberikan waktu luang kepada anak. Ibu juga bisa mulai bercerita apapun dengan tema yang ringan agar anak tidak bosan," tambahnya.

Momen sentuhan ibu memiliki manfaat bagi ibu dan anak untuk membangun hubungan yang mendalam dan mengembangkan diri anak. Ketika bercerita, ibu berkesempatan mengutarakan kasih sayangnya dengan kontak mata, mengusap, mencium, dan memeluk anak.

"Sentuhan ini akan melepaskan hormon Oksitosin yang memiliki efek menenangkan sehingga mampu membuat anak terikat dengan ibunya . Di momen yang sama, cerita yang disampaikan ibu membantu perkembangan persepsi, memori, proses berpikir, bahasa, intelegensi, emosi, serta belajar komunikasi efektif dan memperkuat hubungan interpersonal anak," tambahnya.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ibu dan anak untuk lebih mengenal bagaimana cara mendongeng dan interaksi dengan anak, NIVEA telah menggelar roadshow di sejumlah Taman Kanak - Kanak di area Jabodetabek dengan kegiatan mendongeng interaktif yang menghadirkan Paman Gery dan Bubu Mini untuk memperkenalkan rangkaian NIVEA Creme Special Edition ini.

Sebagai puncak acara, NIVEA mengadakan Big Bang Event pada 27 November 3 Desember 2017 di Main Atrium Senayan City Mall, dengan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjung khususnya ibu dan anak seperti creativity corner, photo custom Creme mom & kid, Creme usage education, mom & kid creme hand massage, dan penampilan khusus dari Nola & Naura pada 1 Desember 2017.(tka)
#cerita #dongeng #waktu #anak #ibu
BERITA TERKAIT
(Cek Kesehatan Sebelum Nikah) Tekan Angka Kematian Anak
Ibu Hamil Sehat, Anak Selamat
Ini Cara Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi
Hindari Kehamilan yang Tidak Direncakan
Orang Tua Harus Bijak Pilih Nutrisi untuk Anak
Jakarta Menuju Kota Layak Anak
Story Telling Bahasa Stimulus Penting Bagi Anak

ke atas