DUNIA

Rabu, 06 Desember 2017 | 06:28 WIB
(Rencana Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem)

Raja Yordania Ingatkan Trump

Raja Yordania Ingatkan Trump
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Amman -- Raja Yordania, Abdullah mengingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sangat berbahaya bila pemerintahannya mengambil keputusan memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Yerusalem adalah kunci untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di kawasan dan dunia," bunyi pernyataan Istana Kerajaan Yordania.

Yordania merupakan pelindung situs suci umat Islam, Kristen, dan Yahudi di Yerusalem, dan Raja Abdullah adalah salah satu tokoh yang memegang peranan penting dalam kisruh ini.


Pernyataan Raja Abdullah itu terkait permintaan Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta para pemimpin negara besar, termasuk Paus Fransiskus dari Vatikan agar mengintervensi rencana Trump untuk memindahkan Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, kota yang selama ini diperebutkan.

Permintaan ini disampaikan langsung oleh Abbas setelah dia menerima telepondari Trump untuk membicarakanpemindahan kedubes tersebut.

Isu pemindahan kedubes AS ini menjadi sorotan luas karena selama ini, Israel dan Palestina saling klaim Yerusalem sebagai ibu kota masing-masing negara. [lat]
BERITA TERKAIT
Bunuh Politisi, Menteri India Raib
Dor! Tentara Israel Tembak Mati 4 Palestina
Puluhan Ribu Anak Dirundung Seksual di Australia
PM Israel dengan Sederet Tudingan
Cewek New York Kirim Uang ke ISIS
Pimpinan Hamas Dituduh Rencanakan Culik Yahudi
Ribuan Wartawan Hadiri Konpres Presiden Putin

ke atas