DUNIA

Rabu, 06 Desember 2017 | 12:27 WIB

Hari Ini Trump Umumkan Kebijakan Rusuh

Hari Ini Trump Umumkan Kebijakan Rusuh
Donald Trump (Foto: huffingtonpost)
INILAHCOM, Washington -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hari ini, Rabu (06/12/2-17) waktu setempat, atau Kamis (07/12/2017) dinihari WIB akan mengumumkan jadi tidaknya AS memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Namun, seorang pejabat AS merasa yakin bahwa Trump akan mengumumkan pemindahan Kedubes untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. 'Dia akan mengumumkan bahwa pemerintah AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel," kata pejabat tersebut.


Bila AS memindahkan kedubesnya ke Yerusalem, ini sama artinya Negeri Adidaya itu mengakui bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Sebab, bukan apa-apa, selama puluhan tahun Kota Suci tiga agama (Islam, Kristen, Yahudi) itu dinyatakan sebagai kawasan yang diperebutkan antara Palestina dan Israel.

Sejak Trump menjadi Presiden AS rencana pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem seringkali disampaikan. Juni lalu dia sempat menangguhkan pemindahan dan Desember ini adalah batas waktu baginya untuk memutuskan. Namun Trump juga bisa menangguhkan kembali untuk enam bulan ke depan.

UU Pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem diteken tahun 1995. Namun semua Presiden AS diberikan hak untuk menangguhkan setiap enam bulan sekali. Semua Presiden AS sebelumnya tidak berani menandatangani pemindahan tersebut. Pasalnya, isu ini sangat rawan yang bisa menyulut ketegangan baru di Timur Tengah. [lat]
#Trump #presidenas #kedubesas #telaviv
BERITA TERKAIT
Dor! Tentara Israel Tembak Mati 4 Palestina
Pelecehan Seks, Trump Diminta Mundur
Pelecehan Seks Oleh Trump Ramai Lagi
Gara-gara Ulah Trump, New York Dibom
(Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel) Klaim PM Israel Ditolak Uni Eropa
AS Keki Ditolak Bertemu Presiden Palestina
Jokowi Lawatan ke LN Lawan Keputusan Trump

ke atas