EKONOMI

Rabu, 06 Desember 2017 | 11:31 WIB

Inilah Ketegasan Menkeu Soal Korupsi

M Fadil Djailani
Inilah Ketegasan Menkeu Soal Korupsi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pencegahan korupsi bukan pekerjaan yang mudah harus ada kebijakan yang radikal untuk mengatasi sifat manusia yang buruk tersebut.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat acara Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional DJP Tahun 2017, di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Rabu (6/12/2017). "Bahkan harus radikal untuk korupsi saja. Dan ini harus dilakukan," katanya.

Ia berpendapat institusi dibawah nauangan dirinya seperti DJP masih perlu kerja keras membangun persepsi sebagai institusi yang bersih dari korupsi.

"Saya anggap Ditjen Pajak masih perlu memperbaiki posisi mereka dari sisi persepsi bahwa mereka institusi yang sangat anti korupsi," katanya.


Maka dari itu, diacara peringatan hari anti korupsi internasional, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta melakukan evaluasi apakah institusi DJP sudah bersih dari korupsi dan tetap mawas diri melakukan perlawanan terhadap korupsi, alias tidak sekedar seremoni biasa.

"Saya minta melakukan refleksi dan evaluasi dari apa yang selama ini belum tercapai. Yaitu persepsi tadi, bahwa Ditjen Pajak itu adalah institusi terbaik dan bersih. Persepsi itu not necesarry right, tapi pasti ada yang men-trigger," ungkapnya.

Dia belajar dengan perbaikan dalam persepsi sebagai institusi yang anti korupsi, maka masyarakat akan memberikan kepercayaan yang lebih seperti yang telah dilakukan KPK dalam memberantas korupsi.

"Mungkin bisa belajar dari KPK. How they can achive the reputation by that level of integrity. Dan semua rakyat itu kemudian mencintainya. Harapan masyarakat sekarang sudah jauh lebih tinggi lagi, so you have to work hard untuk memenuhi harapan itu," katanya. [hid]
#MenkeuSMI #PenerimaanPajak
BERITA TERKAIT
Darmin Prediksi Setoran Pajak Kurang 2,6%
Ini Tujuan Perbaikan Skema Proyek Infrastruktur
Anggaran Jumbo untuk Bencana, SDM & Infrastruktur
Pemerintah Ingin Proyek LRT Tanpa Korupsi
Sri Mulyani Ingatkan Jangan Tergiur Bitcoin
Mulyani Jamin Defisit Anggaran 2017 Menclok 2,2%
DJKN Kemenkeu Terus Buru Aset 22 Penikmat BLBI

ke atas