PASAR MODAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 11:26 WIB

Bursa Saham Asia Sebagian Bisa Bangkit

Wahid Ma'ruf
Bursa Saham Asia Sebagian Bisa Bangkit
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Tokyo - Beberapa bursa saham utama Asia mencoba bangkit dari tekanan pada sesi pagi perdagangan Kamis (7/12/2017). Indeks Hang Seng dan Nikkei 225 kerja keras di area positif setelah turun sekitar 2 persen pada hari Rabu.

Pasar Asia masih terpengaruh investor global terutama di Wall Stret yang tetap menunggu perkembangan reformasi pajak.

Nikkei 225 Jepang melambung 1,27 persen setelah jatuh hampir 2 persen pada sesi sebelumnya. Keuntungan terlihat di berbagai sektor, dengan produsen otomotif, teknologi dan keuangan meningkat lebih tinggi. Pertandingan terkait energi mixed setelah harga minyak turun pada hari Rabu.

Di selat Korea, indeks patokan Kospi tergelincir 0,36 persen. Keuntungan di beberapa kelas berat berteknologi diimbangi oleh kerugian di sektor manufaktur dan minyak. Blue-chip Samsung Electronics naik 0,32 persen sementara produsen baja Posco dan Hyundai Steel masing-masing turun 0,9 persen dan 0,49 persen.

Indeks ASX 200 menguat 0,57 persen. Sub-indeks keuangan tertimbang berat badan naik 0,74 persen karena bank-bank "Big Four" Australia mencatat kenaikan pada hari ini: ANZ berhasil bertahan di 0,78 persen dan Westpac naik 1,34 persen. Penambang utama dicampur.

Pasar China Raya bergerak beragam. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,48 persen, mencakar keuntungannya setelah mencatat penurunan terbesar dalam setahun pada hari Rabu. Saham teknologi, bagaimanapun, terus berjuang - meskipun Tencent menambahkan 1,86 persen pada awal perdagangan.

Di daratan, Shanghai Composite 0,25 persen lebih rendah dan Shenzhen Composite turun tipis 0,19 persen.

Di negara-negara, saham teknologi berakhir lebih tinggi pada hari Rabu meskipun S & P 500 ditutup di bawah garis datar untuk hari keempat berturut-turut. Rata-rata industri Dow Jones turun 0,16 persen atau 39,73 poin, ditutup pada 24.140,91.
Memimpin

Presiden Donald Trump pada hari Rabu mengumumkan bahwa AS akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Langkah tersebut memprovokasi kata-kata tajam dari para pemimpin di dunia Arab, dengan sebuah pernyataan dari Arab Saudi yang menyebut keputusan tersebut "tidak bertanggung jawab dan tidak beralasan."

Reformasi pajak juga tinggi dalam agenda setelah Senat AS memilih pada hari Rabu untuk pergi ke sebuah komite konferensi dengan DPR untuk menegosiasikan sebuah rencana untuk mereformasi sistem pajak setelah kedua majelis tersebut mengeluarkan tagihan terpisah pada awal kuartal ini.


Dolar menguat karena investor mencerna perkembangan di Capitol Hill. Indeks dolar, yang mengukur mata uangnya terhadap sekeranjang mata uang utama, berada di 93.583 pada pukul 9:54 pagi HK / SIN, level tertinggi dalam lebih dari dua minggu.

Dolar sedikit menguat terhadap yen, dengan greenback terakhir mengambil 112,41 dibandingkan penutupan Rabu di 112,27.

Di bidang ekonomi, payrolls AS naik 190.000 di bulan November, menurut laporan Analytics ADP / Moody's bulanan pada hari Rabu. Angka itu merupakan sentuhan di atas perkiraan 185.000 oleh para ekonom dalam sebuah jajak pendapat.

Bitcoin juga berada di berita setelah melewati angka $ 14.000 untuk pertama kalinya. Tonggak baru datang kurang dari 24 jam setelah kripto kardiak telah mencapai $ 12.000 untuk pertama kalinya. Kenaikan harga menjelang peluncuran bitcoin berjangka yang direncanakan.

Di tempat lain, Reserve Bank of India mempertahankan suku bunga stabil dan mempertahankan sikap netralnya pada hari Rabu, seperti yang diperkirakan secara luas oleh pasar.

"Nada keseluruhan pernyataan tersebut sedikit lebih hawkish daripada pernyataan sebelumnya, meski mungkin pada tingkat yang lebih rendah dari yang diperkirakan pasar," kata analis Morgan Stanley pada catatan pagi hari.

Dolar Australia turun setelah surplus perdagangan negara untuk bulan Oktober mencapai A $ 105 juta, tajam di bawah perkiraan A $ 1,38 miliar dalam sebuah jajak pendapat Reuters. Dolar Aussie diperdagangkan pada $ 0,7546 pada pukul 9:59 pagi HK / SIN setelah jatuh serendah $ 0,7539 sebelumnya dan ditutup pada $ 0,7562 pada hari Rabu.

Sementara itu, dolar Kanada berada dalam fokus setelah Bank of Canada mempertahankan suku bunga stabil pada hari Rabu setelah dua kali menaikkan suku bunga awal tahun ini. Loonie memperpanjang kerugian semalam untuk diperdagangkan pada $ 1,2796 ke dolar pada pukul 9:55 pagi HK / SIN, dibandingkan dengan level di sekitar pegangan $ 1.26 yang terlihat sebelumnya.
Berita perusahaan

Australian Securities Exchange mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa pihaknya bermaksud mengganti sistem kliring dan penyelesaian yang ada dengan teknologi ledger terdistribusi, atau blockchain. Sistem baru akan terbuka untuk umpan balik pasar pada akhir Maret 2018, kata ASX. Saham ASX naik 0,97 persen.

Di tempat lain, Aliansi Walgreens Boots pada hari Rabu mengatakan akan mengakuisisi 40 persen Toko Apotek Sinopharm Holding Guoda, sebuah operator farmasi ritel China. Walgreens mengatakan akan membeli saham tersebut seharga 2,77 miliar yuan ($ 416 juta) dari China National Accord Medicines Corporation.
#BursaSaham #DolarAS #IHSG
BERITA TERKAIT
Bursa Asia Tertekan Pelemahan Wall Street
Bursa Saham Eropa Bergerak Melemah
IHSG Berbalik Positif 6 Poin ke 6.119
Deutshce Telecom Sepakat Beli Tele2
CEO Airbus Niat Mundur di 2019
Tutup Sesi I, IHSG Longsor 29 Poin ke 6.085
Kepercayaan Raksasa Bisnis Jepang Lagi Tinggi

ke atas