NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 12:08 WIB

Bareskrim Tangkap Pelaku Ujaran Kebencian

Muhammad Yusuf Agam
Bareskrim Tangkap Pelaku Ujaran Kebencian
(Foto: inilahcom/Ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang pria bernama Abraham Ben Moses (52) terkait kasus ujaran kebencian berbau SARA melalui media sosial Facebook.

Abraham pemilik akun media sosial Facebook Saifuddin Ibrahim, warga yang tinggal di Jalan KH. Hasyim Ashari No. 27 RT 01 RW 04 Buaran indah, Kota Tangerang, Banten.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Fadil Imran mengatakan, Abraham diamankan sekitar pukul 22.00 WIB, Selasa (5/12/2017) malam oleh Unit 1 Sudit II dan Tim Tindak Satgas Siber Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Yang memposting di akun FB Saifuddin Ibrahim (milik yang bersangkutan) tentang ujaran kebencian terhadap agama tertentu (SARA)," kata Fadil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/12/2017).


Sejumlah barang bukti disita dari tangan Abraham, di antaranya 1 buah Iphone 6 Plus warna putih. "Yang bersangkutan dibawa ke Ditipsiber Bareskrim untuk dilaksanakan pemeriksaan," ujarnya.

Abraham Ben Moses dalam videonya yang viral di Facebook, tampak berbincang dengan seorang sopir taksi online. Dalam pembicaraan itu, Abraham sempat menanyakan agama sopir tersebut. Lalu, Abraham mengutip salah satu ayat dalam keyakinan agama sang sopir terkait pernikahan.

Ia kemudian melecehkan Nabi Muhammad yang dianggapnya tidak konsisten dengan ucapannya, dan melanggar perintah agamanya. Abraham juga menghasut sang sopir agar mau masuk ke dalam agamanya.

Abraham disangkakan dengan pasal 28 ayat 2 Undang-undang No.19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang No.11 tahun 2008 tentang ITE. [rok]
#Polri
BERITA TERKAIT
Tahun 2018, Korlantas Polri akan Perbaiki Kinerja
(Permudah Layanan Publik) Polres Minahasa Selatan Luncurkan Smart Minstra
Kapolri Akan Beri Penghargaan 4 Polisi Luar Negeri
Kapolri: Tak Ada Ancaman Teror Jelang Akhir Tahun
Kapolri Pimpin Vicon Soal Pangan
Polri Tangkap Tiga Terduga Teroris Di Jawa Timur
Polisi Pantau Terduga Teroris Ini Sejak 2014

ke atas