NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 15:32 WIB

Ombudsman Diharap Intens Awasi Pelayanan Publik

Ray Muhammad
Ombudsman Diharap Intens Awasi Pelayanan Publik
Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pimpinan serta komisioner Ombudsman Republik Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).

Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengungkapkan maksud kedatangannya ke Istana bersama delapan orang jajarannya ialah untuk melaporkan tugas-tugasnya sebagai lembaga pengawas layanan publik dan administrasi kepada Jokowi.

"Secara rutin dan tertulis, kami melaporkan kepada Presiden terkait tugas-tugas kami. Pada hari ini kami bertatap muka kepada beliau berkaitan kami memberikan penilaian terhadap kementerian/lembaga atas pelaksanaan pelayanan publik," ujarnya di area Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).


Ia mengungkapkan, melalui pertemuan hari ini Jokowi menyampaikan harapannya agar perbaikan pelayanan publik dilakukan perbaikan dan pengawasan secara intens.

"Sejauh ini, tentu laporan perbaikan pelayanan publik kepada kami cenderung meningkat. Mungkin saja meningkat itu bisa saja karena Ombudsman makin dikenal berkat bantuan rekan media," katanya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2015 laporan pelayanan publik yang baik kepada Ombudsman berjumlah 6.857. Disusul peningkatan di tahun 2016 meningkat menjadi 9.075 laporan.

"Kemudian 2017 ini kami prediksi di atas 10 ribu. Kemudian kalau kita perhatikan, maladministrasi apa yang paling banyak, itu adalah penundaan berlarut. Layanan publik mestinya ada standar kapan itu selesai. Seperti berapa biayanya, sehingga kalau ada yang laporkan pungli secara langsung hanya sekitar 8 persen saja," paparnya. [ton]
#Ombudsman
BERITA TERKAIT
Walkot Irwansyah Dapat Penghargaan Ombudsman
3.937 Warga Jawa Timur Bandar Narkoba
Simpan Pil Double L, Pemuda Kutorejo Diringkus
Priyo: Airlangga Bisa Dilengserkan Lewat Pleno
Golkar Pamekasan Pastikan Rekomendasi Kholifah
Warga Produksi Arak di Balik Toilet
BPBD Pamekasan Pastikan Rumah Ambruk Akibat Rapuh

ke atas