NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 17:21 WIB

Gatot Beri Sinyal Masuk Dunia Politik Usai Pensiun

Happy Karundeng
Gatot Beri Sinyal Masuk Dunia Politik Usai Pensiun
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengaku tidak akan ikut dalam politik praktis hingga akhir jabatannya sebagai Panglima TNI.

"Jadi saya sampai dengan akhir (masa jabat) Maret masih prajurit TNI dan tidak boleh melakukan politik praktis," katanya di Markas Kopassus, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Ia mengaku memang setelah pensiun ingin membalas waktu yang dia luangkan lebih banyak untuk tugas bagi keluarga. Gatot ingin mengamati perkembangan kedua cucunya. Meski demikian ia tidak menutup kemungkinan masuk dunia politik jika memang ada panggilan dari negara.


"Momong cucu lama itu. Tapi gini walapun saya purnawirawan, saya sampaikan bahwa jiwa saya sangat mencintai NKRI. Pengabdiaan apapun jika negara memanggil saya pasti saya siap," tegasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan pengarahan kepada ratusan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopasus). Momen itu juga digunakan Gatot untuk berpamitan kepada prajurit Kopasus.

Gatot mengatakan, sesuai konstitusi, Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat ke DPR RI pada 4 Desember 2017 lalu dengan maksud meminta persetujuan pengantian Panglima TNI. Surat itu juga berisi pengajuan nama tunggal Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru.

Gatot Nurmantyo akan memasuki masa purna tugas pada Maret 2018. Presiden pun telah mengajukan surat ke DPR untuk pergantian Panglima TNI. Jokowi juga sudah mengajukan nama Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai pengganti Gatot.[jat]
#PanglimaTNI #GatotNurmantyo
BERITA TERKAIT
Calon KSAU yang Baru Ada di Tangan Panglima TNI
Panglima Harap Tak Ada Panas Dingin TNI-Polri
Diplomasi Kopi Gaya Panglima TNI-Kapolri
Hadi Janji Laksanakan Pesan Jenderal Soedirman
Masih Anggota TNI, Gatot Belum Bisa Dilamar Parpol
Gatot Mulai Jadi Rebutan Partai Politik?
Gatot Bantah Gabung ke Nasdem

ke atas