NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 18:42 WIB

Bandara Kulon Progo Permudah Seniman Kumpul

Bandara Kulon Progo Permudah Seniman Kumpul
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulon Progo dapat dukungan dari Seniman Budi Ubrux. Ia berharap pembangunan itu dapat memperkuat tradisi dan seni di Kota Pelajar.

Menurut dia, keberadaan NYIA Kulon Progo akan memudahkan seniman dari berbagai belahan dunia untuk datang ke Indonesia. Suatu kebanggaan tersendiri bagi seniman jika diberikan sarana dan prasarana guna menunjang aktivitas di dunia seni.

"Sangat mendukung sekali dan harapannya itu seperti, kami kan seniman, seperti jaman Pak Soekarno (Presiden RI Pertama;red). Banyak seniman seluruh dunia bangga dan ingin sekali datang ke Indonesia," kata Budi Ubrux dalam keterangannya, Kamis (7/12/2017).

Dia menjelaskan, saat itu seniman dari berbagai belahan dunia datang ke Bali untuk belajar hingga beberapa diantaranya banyak yang menetap di daerah tersebut. Melalui Bandara NYIA Kulon Progo itu pula ia berharap seniman akan mendapatkan tempat tersendiri di masa mendatang.


"Dulu banyak seniman-seniman seluruh dunia itu menetap di Bali, terus melukis di Bali dan sampai menetap tinggal di Indonesia. Dengan Bandara Jogja yang baru ini, harapannya seperti jaman Pak Karno, banyak seniman-seniman yang ingin datang ke Jogja," kata dia.

Selain itu, kata dia, Jogja merupakan Kota Budaya atau Pusat Budaya di Indonesia. Banyak seniman dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri ingin berkumpul di Yogyakarta. Saat ini, tercatat ada 7 ribu lebih seniman yang tersebar di Kota Gudeg.

Jumlah ini yang tercatat di perguruan tinggi dan masih banyak seniman otodidak yang tidak tercatat. Baginya, keberadaan NYIA Kulon Progo sebagaimana kemajuan di berbagai bidang, selayaknya diterima demi kemajuan di Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya.

"Prinsipnya kalangan seniman bisa melihat manfaat dengan adanya bandara ini," tutupnya. [rok]
BERITA TERKAIT
Ketua PBNU Bakal Tolak Jika Dipanggil Dubes AS
Menag Harap Aksi Bela Palestina Berjalan Damai
KPK Bakal Tunggu Kicauan Nazar Soal e-KTP
Polri Larang Gunakan Petasan Saat Natal-Tahun Baru
Komisi IX DPR: 4 RS di Maluku Tak Punya Dokter
Di Palestina, Israel Larang Bawa Anak Salat Jumat
Fadel: Calon Ketua DPR Harus Restu dari Airlangga

ke atas