NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 18:53 WIB

Meski Purnawirawan, Gatot: Jangan Tinggalkan Saya

Happy Karundeng
Meski Purnawirawan, Gatot: Jangan Tinggalkan Saya
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyisipkan pesan permintaan dukungan saat memberikan pengarahan kepada ratusan prajurit Kopassus di Markas Kopassus, Kamis (7/12/2017).

Gatot meminta agar bila suatu saat nanti ia telah berstatus purnawirawan TNI, prajurit tetap memberikan dukungan kepadanya.

"Walaupun saya sudah purnawirawan, jangan ragu-ragu apabila ada tugas yang menantang. Jangan tinggalkan saya. Saya adalah prajurit komando," katanya.

Pernyataan itu tetap mengambang karena Gatot tidak menjelaskan untuk apa ia minta tidak ditinggalkan. Gatot pun mengingatkan kepada prajurit TNI untuk berhati-hati karena bisa ditarik-tarik ke arah politik. Ia menegaskan TNI harus netral memasuki tahun politik.


"Para hadirin sekalian. Situasi kedepan tidak mudah khususnya dalam menghadapi tahun-tahun politik. Wajar apabila kalian akan ditarik-tarik ke politik. Dengan cara wajar ataupun dengan tidak dengan cara wajar. Ingat TNI harus netral. Tidak ada kata lain," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan pengarahan kepada ratusan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopasus). Momen itu juga digunakan Gatot untuk berpamitan kepada prajurit Kopasus.

Gatot mengatakan, sesuai konstitusi, Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat ke DPR RI pada 4 Desember 2017 lalu dengan maksud meminta persetujuan pengantian Panglima TNI. Surat itu juga berisi pengajuan nama tunggal Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru.

Diketahui, Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan memasuki masa purna tugas pada Maret 2018. Presiden pun telah mengajukan surat ke DPR untuk pergantian Panglima TNI. Jokowi juga sudah mengajukan nama Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai pengganti Gatot. [ton]
#PanglimaTNI #GatotNurmantyo
BERITA TERKAIT
Calon KSAU yang Baru Ada di Tangan Panglima TNI
Panglima Harap Tak Ada Panas Dingin TNI-Polri
Diplomasi Kopi Gaya Panglima TNI-Kapolri
Hadi Janji Laksanakan Pesan Jenderal Soedirman
Masih Anggota TNI, Gatot Belum Bisa Dilamar Parpol
Gatot Mulai Jadi Rebutan Partai Politik?
Gatot Bantah Gabung ke Nasdem

ke atas