NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 22:11 WIB

Andi Narogong Siap Kerja Sama dengan KPK

Indra Hendriana
Andi Narogong Siap Kerja Sama dengan KPK
Andi Agustinus alias Andi Narogong (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Tim Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Andi Agustinus alias Andi Narogong menjadi justice collaborator (JC) atau saksi yang mau bekerja sama dengan penegak hukum.

"Pada 5 Desember 2017, pimpinan KPK menetapkan terdakwa sebagai saksi pelaku atau JC, kata jaksa KPK Nur Haris saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).


Status itu diberikan Jaksa lantaran Andi dinilai memenuhi syarat sebagai saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum. Sebab, kata dia, keterangan Andi bisa membantu penegak hukum mengungkap kasus e-KTP.

Status JC ini, lanjut Jaksa, sebagai salah satu yang meringankan dalam tuntutan pihaknya. Selain itu, Andi dinilai nenyesali perbuatan dan berjanji tidak mengulangi perbuatan.

Adapun Andi dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar oleh jaksa KPK. Menurut jaksa, Andi terbukti memperkaya diri sendiri, orang lain dan korporasi dalam korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Perbuatan Andi juga telah membuat kerugian negara Rp2,3 triliun. [ton]
#AndiNarogong #SetyaNovantoTersangka
BERITA TERKAIT
Andi Narogong Bantah Beri Uang ke Ganjar Pranowo
Akui Bersalah, Andi Narogong Pasrah Vonis Hakim
Paripurna Bacakan Surat Pergantian Novanto
Tunjuk Azis Ketum Golkar Dinilai Manuver Novanto
MA Hentikan Pemeriksaan Hakim Cepi
KPK Taktis Hadapi Praperadilan Novanto
KPK Tuntut Andi Narogong 8 Tahun Penjara

ke atas