NASIONAL

Kamis, 07 Desember 2017 | 22:24 WIB

KPK Cegah 7 Orang Terkait Kasus BLBI

Indra Hendriana
KPK Cegah 7 Orang Terkait Kasus BLBI
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pihak Direktorat Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk mencegah tujuh saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait penerbitan SKL BLBI.

Adapun tujuh saksi itu diantaranya adalah German Kartadinata; Yusuf Swasya; Mulyadi Gozali; Feri Laurentinus; Gozali; Laura Raharja; dan Maria Veronika. Pencegahan ini dilakukan terkait proses penyidikan tersangka mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT).

"Terkait proses penyidikan kasus SKL BLBI, dilakukan pencegahan ke luar negeri terhadap tujuh saksi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Kamis (7/12/2017).


Febri menjelaskan, pencegahan ini diajukan secara terpisah, yakni pada November dan Desember 2017. Pencegahan dilakukan untuk enam bulan ke depan terkait proses penyidikan tersangka mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT).

"Pencegahan ke luar negeri untuk kepentingan penyidikan," ujar Febri.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Syafruddin sebagai tersangka. Syafruddin ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga menyalahgunakan kewenangan terkiat penerbitan SKL BLBI untuk BDNI. Perbuatan Syafruddin itu diduga merugikan negara hingga Rp4,58 triliun.[jat]
#KPK #BLBI
BERITA TERKAIT
KPK Bakal Tunggu Kicauan Nazar Soal e-KTP
KPK Buru Pihak Lain Selain Novanto di Kasus e-KTP
Novanto Jawab Tantangan KPK di Sidang Selanjutnya
Ketua DPR, Fadli Yakin Golkar Pilih Kader Terbaik
Masih Umroh, Mantan KSAU Tak Penuhi Panggilan KPK
Jika Berpura-pura, Novanto Terancam Hukuman Berat
Gugurkan Praperadilan, KPK Puji Hakim Kusno

ke atas