NASIONAL

Jumat, 08 Desember 2017 | 09:11 WIB

MA Hentikan Pemeriksaan Hakim Cepi

Agus Irawan
MA Hentikan Pemeriksaan Hakim Cepi
Hakim Cepi Iskandar (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Kabiro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA) Abdullah mengatakan, MA telah memeriksa hakim Cepi Iskandar yang mengabulkan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto terkait kasus korupsi e-KTP.

Hasilnya, MA memberhentikan pemeriksaan hakim Cepi dengan alasan tidak ada pelanggaran etik.

"Harus dihentikan karena tidak ada data yang membuktikan hakim Cepi melanggar etik," kata Abdullah saat dikonfirmasi INILAHCOM, Jumat (8/12/2017).

Dia mengungkapkan, sejumlah saksi termasuk Hakim Cepi sudah diperiksa oleh Badan Pengawas (Bawas), dan tidak ditemukan ada bukti pelanggaran yang dilakukan hakim Cepi.


"Ya harus dihentikan ," jelasnya.

Ia menyebutkan Bawas akan bersikap tegas dan tidak akan diam jika seorang hakim melanggar kode etik. Namun untuk kasus Cepi, Bawas menegaskan tidak menemukan pelanggaran.

"Tidak bisa diidentifikasi sebagai pelanggaran dan Bawas tidak ada temuan sehingga hakim Cepi tidak ada pelanggaran etik," ucapnya.

Diketahui hakim Cepi merupakan hakim tunggal praperadilan Setya Novanto, jilid I, hakim Cepi mengabulkan semua permohonan praperadilan Novanto termasuk membebaskan Novanto dari status tersangka. [ton]
#HakimCepi #SetyaNovantoTersangka
BERITA TERKAIT
Akui Bersalah, Andi Narogong Pasrah Vonis Hakim
Paripurna Bacakan Surat Pergantian Novanto
Tunjuk Azis Ketum Golkar Dinilai Manuver Novanto
KPK Taktis Hadapi Praperadilan Novanto
Andi Narogong Siap Kerja Sama dengan KPK
Jokowi Yakin PDIP Bisa Wujudkan Ekonomi Kerakyatan
PSI Umumkan 31 Caleg Tidak Lolos Wawancara

ke atas