DUNIA

Senin, 01 Januari 2018 | 11:59 WIB
(Antisipasi Penyusupan Militan)

Dibangun Pagar Pembatas Pakistan-Afghanistan

Dibangun Pagar Pembatas Pakistan-Afghanistan
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Islamabad -- Pakistan mengatakan akan memagari 92 persen dari 2.611 kilometer wilayah perbatasan negara tersebut dengan Afghanistan pada akhir 2018.

Dengan begitu, Pakistan berharap usaha sepihak itu bisa secara efektif menangani keluhan kedua negara mengenai serangan militan. Sebagian besar perbatasan kedua negara itu tidak dijaga.

Upaya pembangunan yang dipimpin militer itu mulai dilakukan awal tahun ini. Kini sudah dibangun pagar sekitar 150 kilometer pada bagian perbatasan yang diidentifikasi "sangat rentan" penyusupan teroris.

Sepasang pagar kawat setinggi 2,7 meter, dengan celah setinggi 1,8 meter, dan diatasnya dilengkapi kawat berduri, membentang di sepanjang dataran terjal dan pegunungan tertutup salju setinggi lebih 3.657 meter. Pejabat memperkirakan proyek pemagaran itu akan membutuhkan biaya sekitar 550 juta dolar.

"Target kami adalah menyelesaikannya pada akhir 2018," ujar Mayor Jenderal Asif Ghafoor kepada VOA. Ia menjelaskan, rencananya pagar akan dibangun sepanjang 2.400 kilometer dari seluruh perbatasan dengan Afghanistan karena sisanya tidak bisa dipagari.

Pos-pos pemeriksaan tambahan dan benteng kecil juga sedang dibangun dan dilengkapi sistem pengawasan berteknologi tinggi guna memungkinkan tentara memantau dan mendeteksi setiap saat. [voa/lat]
#pagar #pembatas #pakistan #afghanistan
BERITA TERKAIT
Komisi Eropa Ambisi Bangun Pasukan Perbatasan
Kim Jong-un Ingin KTT ke-2 dengan Trump
25 Dakwaan Tambahan untuk Najib
Situs Niaga di Singapura Jual PRT Indonesia
Alibaba Batalkan Buka 1 Juta Pekerjaan di AS
(Hanya dengan Kata Talak) India Larang Pria Muslim Ceraikan Istri
Korea Utara Sepakat Tutup Lokasi Uji Coba Nuklir

ke atas