DUNIA

Rabu, 03 Januari 2018 | 10:12 WIB

Trump Ancam Stop Dana ke Palestina

Trump Ancam Stop Dana ke Palestina
Presiden AS Donald Trump (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Washington -- Setelah menghentikan bantuan sebesar USD255 juta (Rp3,5 triliun) ke Pakistan, Presiden AS Donald Trump mengancam akan menyetop dana ke Palestina.

Kalau Pakistan dituduh berbohong dan melindungi teroris, terhadap Palestina Trump menuding negara ini tidak bersedia merundingkan perdamaian dengan Israel.

"Kami membayar Palestina jutaan dolar setiap tahun dan tidak mendapat apresiasi atau penghomatan. Mereka bahkan tidak ingin merundingkan traktat perdamaian dengan Israel yang sudah lama belum dirampungkan," cuit Trump di Twitter, seperti dikutip dari BBC, Rabu (03/01/2018).

"Namun, karena Palestina tidak lagi bersedia merundingkan perdamaian, mengapa kami harus melakukan pembayaran dalam jumlah besar kepada mereka di masa mendatang?" Trump menambahkan.

Soal mengapa Palestina tidak lagi bersedia berunding sejatinya telah dikemukakan Presiden Palestina Mahmoud Abbas setelah Trump memutuskan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan akan memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.


"Amerika Serikat terbukti merupakan mediator tak jujur dalam proses perdamaian," kata Abbas. "Yerusalem selamanya Ibu Kota negara Palestina".

Cuitan Trump adalah lanjutan dari pernyataan Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley. Menurut dia, AS akan berhenti menyumbangkan dana kepada badan PBB yang menangani pengungsi Palestina.

Terhadap badan yang mengelola pendidikan, kesehatan, dan program sosial itu, AS tercatat sebagai penyumbang terbesar (dari pihak pemerintah) dengan jumlah hampir USD370 juta atau setara Rp5 triliun pada 2016. Jumlah tersebut mencapai 30% dari seluruh pendanaan badan tersebut.

"Pada dasarnya presiden mengatakan dia tidak ingin memberi dana tambahan, atau menghentikan pendanaan, sampai Palestina sepakat kembali ke meja perundingan," kata Haley.

"Palestina"kini harus menunjukkan itikad bahwa mereka ingin datang ke meja. Hingga kini, mereka tidak datang ke meja, tapi mereka minta dana bantuan. Kami tidak memberikan dana bantuan, kami ingin memastikan mereka datang ke meja," imbuhnya. [bbc/lat]
#stopdana #palestina #trump #presidenAS
BERITA TERKAIT
Presiden Trump Tuding Bintang Porno Berbohong
Trump dan Abe Tak Hasilkan Persetujan Dagang
Barbara Bush Dikenal Sebagai Pengkritik Trump
Trump Dukung Upaya Korsel Akhiri Perang Korea
Korut Agenda Utama Pembicaraan Trump-Abe
Trump: Cina dan Rusia Manipulasi Mata Uang
Trump Marah Soal Pengusiran Diplomat Rusia

ke atas