DUNIA

Senin, 08 Januari 2018 | 11:09 WIB

Trump Usul US$18 M Bangun Tembok Perbatasan

Trump Usul US$18 M Bangun Tembok Perbatasan
Warga melihat purwarupa tembok pembatas di San Diego. (Foto: KTLA)
INILAHCOM, San Diego -- Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengusulkan dana sebesar US$18 miliar selama 10 tahun ke depan yang akan digunakan untuk membangun fase pertama tembok perbatasan AS dengan Meksiko.

Dana itu akan dipakai membuat tembok baru sepanjang 505 kilometer dan memperkuat tembok lain sepanjang 651 kilometer. Angka itu tertuang dalam rencana keuangan rinci yang diberikan kepada senator AS oleh Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika.

Secara keseluruhan, dokumen itu mengajukan usulan anggaran total untuk perbatasan baru US$33 miliar, termasuk US$5,7 miliar untuk teknologi, US$1 miliar untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan, dan US$8,5 miliar untuk personel baru, termasuk 5.000 agen baru patroli perbatasan dan 2.500 inspektur perbatasan.


Trump menjadikan tembok perbatasan sebagai salah satu isu utama semasa kampanye untuk menjabat presiden. Ia menjanjikan pengikutnya "tembok besar yang indah" di selatan yang berbatasan dengan Meksiko.

Pemerintah meminta Kongres US$1,6 miliar tahun ini untuk mengganti pagar sepanjang 118 kilometer di California dan Texas. Para pejabat mengatakan akan meminta US$1,6 miliar lagi tahun depan. [voa/lat]

#tembokperbatasan #US$18M #trump
BERITA TERKAIT
Trump dan Moon Bicara Pertemuan dengan Kim
Presiden Trump Tuding Bintang Porno Berbohong
Trump dan Abe Tak Hasilkan Persetujan Dagang
Barbara Bush Dikenal Sebagai Pengkritik Trump
Trump Dukung Upaya Korsel Akhiri Perang Korea
Korut Agenda Utama Pembicaraan Trump-Abe
Trump: Cina dan Rusia Manipulasi Mata Uang

ke atas