GAYA HIDUP

Rabu, 10 Januari 2018 | 19:56 WIB
(Waspada Datangnya Penyakit)

Habiskan Waktu Bekerja di Depan Komputer

Mia Umi Kartikawati
Habiskan Waktu Bekerja di Depan Komputer
(Foto: boldsky)
INILAHCOM, Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang bekerja di belakang meja? Kemudian menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer? Jika iya, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan untuk konsumsi makanan.

Mengutip dari boldsky, Rabu (10/01/2018), jika Anda sudah bertahun - tahun melakukan hal itu, Anda harus menyadari bahwa hal itu tidak sehat. Karena itu, melakukan pekerjaan tersebut berjam - jam akan membahayakan kesehatan.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda hanya duduk di satu tempat, tanpa banyak gerakan dan terus-menerus melihat layar komputer, berarti Anda benar-benar membahayakan kesehatan Anda. Satu-satunya usaha yang bisa dilakukan dari akhir Anda adalah belajar tentang efek buruk dari pekerjaan yang terikat pada meja kerja dan mengubah kebiasaan gaya hidup Anda agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Sekarang, kebanyakan dari kita memiliki pekerjaan yang terikat meja pasti sudah tahu bahwa kita harus menghabiskan lebih dari 6-7 jam di tempat kerja, jadi kita akan memiliki setidaknya tiga atau lebih makanan selama jam kerja tersebut, selain ngemil, bukan?

Berat badan meningkat, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit pencernaan, stres, depresi, dan lainnya adalah salah satu contoh penyakit yang kerap datang. Lantas, bagaimana caranya agar tetap hidup sehat meski harus bekerja di depan layar komputer berjam - jam?

Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Hindari junk food

Meski tips ini mungkin terdengar klise, itu adalah hal yang paling penting karena kebanyakan dari kita cenderung mencari makanan yang menenangkan, atau makanan cepat saji, selama jam kerja karena membantu mengurangi stres dan kebosanan.


Namun, makanan sampah kaya akan racun dan kalori, sehingga bisa membuat Anda bertambah gemuk dengan cepat.

2. Membuat Makanan Sendiri

Tugas ini bisa sedikit sulit bagi orang-orang yang memiliki jadwal sibuk karena menyiapkan makanan sehat, mengemasinya dan membawa mereka ke tempat kerja bisa menghabiskan banyak waktu.

Namun, jika Anda melakukan sedikit usaha di bidang ini, Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti penyakit pencernaan, masalah jantung, kanker perut dan penambahan berat badan karena makan di luar setiap hari adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat.

3. Konsumsi Minuman Sehat

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa pekerjaan yang terikat di depam meja kerja dan bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama dapat membuat orang mengalami dehidrasi dengan cepat dan menyebabkan kulit kering, sembelit, kelelahan dan penyakit lainnya. Hal tersebut akan menyebabkan Anda harus tetap menghirup air dan jus buah yang sehat agar menjaga diri terhidrasi sepanjang hari.

4. Hindari Minuman Berkafein

Kebanyakan orang yang bekerja di kantor sangat bergantung pada kopi dan minuman berkafein lainnya seperti minuman energi untuk membuat mereka merasa energik dan segar sepanjang hari.

Namun, kafein, bila dikonsumsi secara berlebihan, terutama dengan gula, bisa menjadi akar penyebab kenaikan berat badan, stres, diabetes dan penyakit lainnya.(tka)
#penyakit #bekerja #di #depan #komputer #tidak #bergerak
BERITA TERKAIT
Kebiasaan Makan Tidak Sehat Pengaruh dari Iklan?
Ketahui Waktu Calon Bayi Bergerak di Dalam Perut
Bergerak Saat Duduk Menurunkan Risiko Penyakit
Selfie Bisa Mengakibatkan Ketagihan
Prudential Indonesia Gandeng Premier Hospital
Dorong Vaksin HPV Sebagai Program Vaksin Nasional
Minuman Berenergi Tidak Lebih Baik dari Soda?

ke atas