DUNIA

Jumat, 12 Januari 2018 | 02:56 WIB

Afganistan Bebaskan 75 Tahanan Pro Hekmatyar

Afganistan Bebaskan 75 Tahanan Pro Hekmatyar
Para tahanan di penjara Afganistan (Foto: theepochtimes)



INILAHCOM, Kabul -- Presiden Afghanistan telah memberikan pengampunan kepada 75 tahanan yang setia kepada Gulbuddin Hekmatyar.

Hekmatyar adalah seorang mantan panglima perang yang dinyatakan sebagai teroris oleh AS, namun dia menandatangani kesepakatan perdamaian dengan Kabul pada 2016.

Pengampunan ini memberi Hekmatyar dan para pengikutnya kekebalan hukum atas tindakan-tindakan mereka di masa lalu dan memberi mereka hak-hak politik penuh.

Panglima perang itu merupakan pemimpin pemberontak pertama yang meletakkan senjata. Tahun lalu, PBB menghapus namanya dari daftar individu yang dikenai saksi.

Shah Mir Amirpoor, juru bicara penjara Pul-e-Charkhi, mengatakan, 75 tahanan itu dibebaskan, Kamis (11/1), sesuai keputusan Presiden Ashraf Ghani.

Seorang juru bicara Hezb-e-Islami, partainya Hekmatyar, mengatakan, saat ini masih ada 2200 anggota partai mereka yang masih ditahan di penjara-penjara Afghanistan.

Kabul berharap kesepakatan dengan Hekmatyarini akan mendorong kelompok-kleompok pemberontak lain untuk mengikuti jejaknya. [voa/lat]

#afganistan #bebaskan #75tahanan
BERITA TERKAIT
Erdogan: Turki Tidak akan Tunduk pada AS
Ini Rahasia Pembuatan Mumi Mesir Kuno
Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB, Tutup Usia
Dituduh Korupsi, Polisi Interogasi PM Israel
Imran Khan PM Baru Pakistan
Pengadilan Turki Tolak Bebaskan Pendeta AS
China 'Latihan Menyerang' AS

ke atas