EKONOMI

Jumat, 12 Januari 2018 | 04:29 WIB

Enggar Pastikan Impor Beras 500 Ribu Ton, Januari

Uji Sukma Medianti
Enggar Pastikan Impor Beras 500 Ribu Ton, Januari
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita memutuskan untuk mengimpor beras khusus sebanyak 500.000 ton, akhir Januari 2018. Berasnya berasal dari Vietnam dan Thailand.

Enggar menyebut, kualitas beras yang diimpor tidak sama dengan beras jenis IR64 yang setara beras medium dengan kadar pecah dibawah 5%.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, harga beras medium sudah mencapai Rp12.000/kg, sementara HET-nya adalah Rp9.450/kg di Jakarta.

Dilansir dari situs pusat informasi harga pangan strategis nasional, harga beras medium rata-rata di Jakarta telah mencapai Rp13.600/kg.

Kamis malam (11/1/2018), Enggar memanggil Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan distributor beras guna menindaklanjuti harga beras medium yang terus melewati batas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Enggar mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi harga beras yang melonjak ini, diantaranya dengan memperluas operasi pasar sejak beberapa bulan lalu.

"Sudah lebih dari 2500 titik (operasi pasar) terutama di kab/kota yg kenaikanmya meningkat tajam maka kita suplai. Dan diwajibkan menjual beras dari Bulog," jelasnya di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Selanjutnya, kata Enggar, pihaknya menugasi PT PPI untuk mengimpor beras itu dengan alasan supaya dirinya bisa memantau langsung. [ipe]

#MendagEnggar #Beras #Impor #SwasembadaPangan
BERITA TERKAIT
CAD Zaman Jokowi Bolong Besar, Tim Ekonomi Ngeyel
Misi Dagang Arab Saudi Catat Potensi US$14,02 Juta
Jokowi Ingin Swasembada? Ikuti Saran CIPS
Impor Tumbuh Tinggi, Darmin: Tewas Ya Kan!
UE Tantang RI Wujudkan Minyak Sawit Berkelanjutan
Enggartiasto Dinilai Kurang Jago Lobi Dagang
Tahun Politik 2019, Waspadai Impor & Pengangguran

ke atas