NASIONAL

Sabtu, 13 Januari 2018 | 06:18 WIB

Negara Sudah Bantu Pembiayaan Calon Di Pilkada

Ivan Setyadi
Negara Sudah Bantu Pembiayaan Calon Di Pilkada
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraeni (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraeni menyebut bahwa beban biaya kampanye calon kepala daerah sudah terbantu negara.

Pembiayaan calon kepala daerah dari negara sebenarnya sudah tersedia utk 4 motode kampanye.

"Keempat sarana tersebut adalah pemasangan alat peraga kampanye, penyebaran bahan kampanye, iklan di media cetak dan elektronik, dan debat publik antarpasangan calon kepala daerah," kata Titi kepada INILAHCOM, Jumat (12/1/2018).


Hanya saja paslon juga boleh mengadakan sepanjang tidak melampaui jumlah anggaran kampanye dari negara.Selain itu tidak adanya pembatasan belanja kampanye calon secara rasional membuat calon juga menjadi jor-joran," ungkapnya.

Dengan bantuan pembiayaan dari negara, diharap mampu menekan angka money politics serta istilah 'balik modal'. Jika calon kepala daerah harus sedia uang miliaran untuk operasional selama kampanye, maka bukan tidak mungkin ketika terpilih, orientasinya jadi kepada mengembalikan pengeluaran selama kampanye.

"Faktanya, begitu. Biaya kampanye mahal yg sudah mereka keluarkan memicu mereka untuk mencari sumber-sumber dana untuk mengembalikan ongkos dan modal yang sudah mereka keluarkan," tandasnya.[van].
#Pilkada2018
BERITA TERKAIT
Ini Langkah Idaman Jika Gugatan ke PTUN Ditolak
Idaman Akui Gugatan PTUN Akan Hambat Kadernya
Gugat KPU, Partai Idaman Tetap Pesimis
Idaman Akui Banyak Kadernya yang Mundur
Ini Larangan Bagi Anggota Polri Saat Pilkada
Idaman Ajak Parpol Tak Lolos Gugat KPU ke PTUN
PPP Harap Tim Pemenangan Persuasif ke Tokoh Daerah

ke atas