DUNIA

Sabtu, 13 Januari 2018 | 04:08 WIB

Dunia Bereaksi atas Ucapan Vulgar Trump

Dunia Bereaksi atas Ucapan Vulgar Trump
Donald Trump (Foto: pbs.org)

INILAHCOM, Washington -- Dunia bereaksi cepat terhadap penggunaan kata-kata tidak senonoh oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Trump mengejutkan para legislator dalam suatu pertemuan di Gedung Putih mengenai imigrasi hari Kamis (11/1), atau Jumat (12/1) WIB, sewaktu ia dilaporkan menyebut Haiti dan negara-negara Afrika dengan ungkapan kata-kata yang tidak senonoh.

Ia menggunakan ungkapan itu sewaktu mempertanyakan mengapa orang-orang dari negara tersebut datang ke Amerika. Pernyataan ini pertama kali diberitakan media, termasuk oleh The Washington Post, The New York Times dan CNN. Kata-kata kasar itu memiliki arti kotor dan miskin.

Trump mengatakan AS seharusnya mengizinkan masuk lebih banyak orang dari berbagai tempat seperti Norwegia, yang perdana menterinya bertemu dengan Trump di Gedung Putih pada hari Rabu.

Uni Afrika menyatakan sangat terkejut oleh pernyataan Trump. Juru bicara Uni Afrika Ebba Kalondo mengatakan kepada Associated Press, mengingat realitas sejarah mengenai betapa banyaknya orang Afrika yang datang ke AS sebagai budak, pernyataan tersebut bertentangan dengan semua perilaku dan praktik yang dapat diterima.

Kalondo mengatakan, ini mengejutkan karena AS masih menjadi contoh global mengenai bagaimana migrasi melahirkan suatu negara yang dibangun atas nilai-nilai keberagaman dan kesempatan yang kuat. [voa/lat]

#dunia #bereaksi #ucapan #trump
BERITA TERKAIT
Lagi, Staf Penting Donald Trump Mundur
(Atasi Pemanasan Global) Bank Dunia Gandakan Bantuan ke Negara Miskin
(Konflik Rusia-Ukraina) Trump Batalkan Pertemuan dengan Putin
(Jika Tak Dapat Anggaran Tembok Perbatasan) Trump Siap Tutup Operasi Pemerintah Federal
(Konflik Ukraina-Rusia) Trump Berencana Batalkan Bertemu Putin
Paksa Potong Rambut Siswa, Guru Terancam Dibui
Polisi China Serbu Rumah Anggota Gereja

ke atas