NASIONAL

Sabtu, 13 Januari 2018 | 13:10 WIB

Bawaslu Akan Selidiki Mahar Politik La Nyalla

Agus Irawan
Bawaslu Akan Selidiki Mahar Politik La Nyalla
Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja mengatakan, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, akan menyelidiki dugaan mahar politik di Jawa Timur yang melibatkan La Nyalla Mattaliti dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Soal Pak La Nyalla harus diklarifikasi dan Bawaslu Jatim telah melayangkan surat pemanggilan ke La Nyalla, " kata Rahmat dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).


Dia menambahkan, Bawaslu akan menyelidiki pernyataan La Nyalla, dengan bukti- bukti yang ada. Selain itu, pihak Bawaslu Jatim akan memanggil Prabowo. " Biar clear , soal ada mahar atau tidak," ujarnya.

Menurutnya, soal mahar politik tersebut telah diatur dalam UU Pilkada No 10 Tahun 2016 Pasal 47 Ayat 3. "Kalau ada yang masuk pengadilan telah inkrah, maka paslon di diskualifikasi dan partai bersangkutan dilarang ikut dalam Pilkada seterusnya, " tandasnya.

Seperti diketahui, La Nyalla mengaku diminta menyediakan uang Rp170 miliar jika ingin maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Permintaan uang itu menurut La Nyalla disampaikan oleh Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Supriyanto. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga dituding La Nyalla sempat menanyakan kesiapan logistik La Nyalla untuk maju dalam Pilgub Jatim. [fad]
#Pilkada2018 #LaNyalla #Gerindra
BERITA TERKAIT
Gerindra Gugat DPS Pemilu 2019 di Jakarta ke KIP
Fadli Zon tak Khawatir Ma'ruf di Kubu Jokowi
SBY Tak Ikut Dampingi Prabowo-Sandi ke KPU
Jadi Cawapres Prabowo, Sandiaga Mohon Doa Restu
(Jelang Penetapan Cawapres) Prabowo Keluar dari Kediamannya Lagi
Ke Rumah Prabowo, Sandi Ucapkan Selamat ke Jokowi
Keluar Rumah, Prabowo Ingin Ngopi

ke atas