NASIONAL

Sabtu, 13 Januari 2018 | 15:20 WIB

Sudirman Said Ikut Bicara Mahar Politik

Fadhly Zikry
Sudirman Said Ikut Bicara Mahar Politik
(Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Semarang - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said ikut angkat bicara terkait mahar politik. Dia mengaku tidak ada mahar terhadap pencalonan dirinya yang diusung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Adanya saweran, bukan mahar," kata Sudirman usai menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di RSUP dr Kariadi Semarang, Sabtu (13/1/2018).

Mantan Menteri ESDM itu menyebutkan pencalonan dirinya sebagai bakal cagub telah melalui proses dan komunikasi yang dibangunnya dengan partai-partai pendukung.

Menurut dia, dirinya lebih banyak berbicara tentang idealisme dan bagaimana membangun koalisi untuk memajukan Jateng dengan parpol pendukung.

"Saya bersyukur dapat berpartisipasi dalam Pilkada Jateng ini dengan proses yang berkualitas. Semua parpol pendukung bicaranya idealisme dan visi membangun Jateng dan membangun bangsa, tidak ada satupun parpol pendukung bicara uang, apalagi mahar," ujarnya.


Kendati demikian, Sudirman menyadari dalam proses ke depan ada konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan oleh kandidat dan tidak mungkin dibebankan kepada partai pengusung.

Biaya yang dimaksud antara lain, biaya kampanye, saksi, dan biaya operasional tim pemenangan.

Ia selalu mengatakan pada partai pendukungnya bahwa dirinya bukanlah orang yang memiliki kecukupan finansial untuk membiayai pencalonannya dalam pilkada dan mengetuk hati para pendukungnya yang tulus ikhlas.

"Saya mendiskusikan itu dengan masing-masing partai politik pendukung, tapi sama sekali tidak ada pembicaraan tentang mahar," katanya.

Sebelumnya mahar politik diungkapkan oleh kader Gerindra La Nyalla Mahmud Mattaliti. Dia mengaku diminta menyiapkan uang ratusan miliar jika ingin disuung Partai Gerindra sebagai Cagub di Jawa Timur.[tar]
#Pilkada2018 #LaNyalla #Gerindra
BERITA TERKAIT
Gerindra Nilai SBY Lebih Demokratis dari Jokowi
Prabowo dan Sandi Hadiri Milad PKS
Gerindra: Jokowi Masih Bisa Dikalahkan
Gerindra Buka Pintu untuk Demokrat di Pilpres
Pilkada 2018, Kapolri-Panglima Tekankan Netralitas
Kapolri Ancam Anggota yang Ikut Kampanye
Sandi Bahas Soal Cawapres dari PKS ke Prabowo

ke atas